Gaji yang Menarik, 7 Jurusan Kuliah Fakultas Teknik yang Dibutuhkan Perusahaan Tambang

Gaji yang Menarik, 7 Jurusan Kuliah Fakultas Teknik yang Dibutuhkan Perusahaan Tambang
Ada sebuah pesona yang tak lekang oleh waktu dalam industri pertambangan, di mana bumi menyimpan kisah panjang sejarah dan rahasia hidup yang diperlukan untuk memajukan peradaban manusia.Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

Cirebon,Rakcer.id – Ada sebuah pesona yang tak lekang oleh waktu dalam industri pertambangan, di mana bumi menyimpan kisah panjang sejarah dan rahasia hidup yang diperlukan untuk memajukan peradaban manusia.

Lebih dari itu, industri pertambangan adalah salah satu industri yang menjanjikan gaji cukup besar bagi para pekerjanya.

Itu sebabnya, banyak lulusan teknik membidik perusahaan tambang sebagai sarana keluar dari zona ekonomi menengah.

Baca Juga:Kata Ahli, Ternyata Minum Air Putih Ada Aturannya Sesuai Saran MedisApa Benar Naik Tangga Bisa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung Hingga?

Berikut adalah beberapa jurusan kuliah teknik yang memiliki peluang besar untuk bekerja di perusahaan tambang dengan penawaran gaji yang menggiurkan.

7 Jurusan Kuliah Fakultas Teknik yang Dibutuhkan Perusahaan Tambang

1. Teknik PertambanganSesuai namanya, jurusan ini menjadi pusat pendidikan bagi para calon insinyur pertambangan. Di balik gaji besar yang ditawarkan, tertanam risiko dan tantangan yang tidak kecil.

Kurikulumnya mencakup ilmu tentang eksplorasi mineral, metode penambangan, pemodelan deposit bahan tambang, hingga teknologi rehabilitasi lahan.

Alumni dari jurusan ini sering menjadi petinggi di perusahaan-perusahaan tambang karena pencapaian akademis dan keahlian relevan terhadap industri.

2. Teknik GeologiDunia tambang adalah dunia yang erat kaitannya dengan bumi dan segala yang ada di dalamnya. Jurusan Teknik Geologi mempelajari tentang struktur, komposisi, dan proses yang terjadi pada bumi.

 Para geologis adalah penentu kapan dan di mana perusahaan tambang harus menggali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak jarang, penawaran gaji bagi geologis pun berada pada angka yang sangat kompetitif mengingat peran kritis mereka dalam operasi tambang.

Baca Juga:Ini yang Harus Diterapkan, 5 Tips Mata Tetap Sehat Saat Menikmati Kegiatan Membaca10 Tips Atasi Ngantuk di Siang Hari agar Tetap Berenergi dan Produktif

3. Teknik MetalurgiJurusan ini berkaitan erat dengan pengetahuan mengenai bagaimana mengolah dan mengekstraksi logam dari bijihnya.

Lulusannya tidak hanya mempelajari tentang cara-cara memproses mineral, tetapi juga bagaimana mengembangkan metode baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Mereka yang ahli dalam bidang ini sangat berperan penting dalam proses produksi perusahaan tambang, dan oleh karena itu, penggajian mereka pun relatif besar.

4. Teknik SipilMeskipun bisa bekerja di berbagai sector, lulusan Teknik Sipil juga dibutuhkan dalam industri tambang.

Kesempatan mereka meliputi pengawasan dan konstruksi infrastruktur pertambangan seperti jalan, jembatan, dam, bangunan pengolahan mineral, hingga pengelolaan limbah dan drainase.

0 Komentar