Gaji yang Menarik, 7 Jurusan Kuliah Fakultas Teknik yang Dibutuhkan Perusahaan Tambang

Gaji yang Menarik, 7 Jurusan Kuliah Fakultas Teknik yang Dibutuhkan Perusahaan Tambang
Ada sebuah pesona yang tak lekang oleh waktu dalam industri pertambangan, di mana bumi menyimpan kisah panjang sejarah dan rahasia hidup yang diperlukan untuk memajukan peradaban manusia.Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

Gaji untuk pekerjaan ini pun tidak main-main mengingat kompleksitas dan tanggung jawab yang diemban.

5. Teknik MesinJurusan Teknik Mesin menawarkan peluang bagi para alumninya untuk terlibat dalam perancangan, pengembangan, instalasi, dan pemeliharaan berbagai mesin dan peralatan yang digunakan di tambang.

Mereka tidak hanya memastikan operasi berlangsung lancar, tetapi juga fokus pada efisiensi, penghematan biaya, dan keselamatan kerja.

Baca Juga:Kata Ahli, Ternyata Minum Air Putih Ada Aturannya Sesuai Saran MedisApa Benar Naik Tangga Bisa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung Hingga?

Kesempatan karir di industri tambang seringkali diiringi dengan penawaran gaji yang tinggi karena pentingnya posisi mereka.

6. Teknik LingkunganDalam upaya mencapai pertambangan yang berkelanjutan, perusahaan tambang juga membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan.

Para insinyur ini memiliki kompetensi dalam menangani masalah lingkungan, melakukan analisis dampak lingkungan, dan mengelola limbah tambang.

 Mereka sangat integral dalam memastikan bahwa operasi tambang tidak merusak lingkungan sekitar dan mematuhi peraturan yang berlaku.

7. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)Perusahaan tambang seringkali dihadapkan pada tantangan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan dalam kondisi kerja yang secara intrinsik berisiko.

Oleh karena itu, lulusan dari jurusan teknik dengan fokus pada K3 menjadi sangat penting. Tugas mereka meliputi pengelolaan risiko, penyuluhan keselamatan, hingga pengawasan kepatuhan terhadap standar keselamatan kerja.

Industri tambang seringkali rela membayar mahal untuk pakar K3 yang kompeten karena mereka memiliki peran penting dalam meminimalisir kecelakaan kerja.

Mengapa Gaji Besar Dalam Industri Tambang?

Baca Juga:Ini yang Harus Diterapkan, 5 Tips Mata Tetap Sehat Saat Menikmati Kegiatan Membaca10 Tips Atasi Ngantuk di Siang Hari agar Tetap Berenergi dan Produktif

Perusahaan tambang menawarkan gaji besar bukan tanpa alasan. Beberapa faktor yang menentukan tingginya gaji pekerja tambang adalah sebagai berikut:

Bekerja di sektor tambang sering kali dihadapkan dengan risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan industri lain. Hal ini sangat mempengaruhi range gaji yang ditawarkan.

Industri tambang membutuhkan kompetensi yang khusus dan teknis tinggi. Hal ini membuat skill yang dimiliki oleh lulusan-lulusan teknik sangat bernilai dan berharga.

Karena adanya permintaan global yang besar untuk mineral dan logam, pekerjaan dalam sektor tambang menjadi sangat strategis. Kebutuhan akan mineral dan logam yang terus meningkat membuat industri ini tetap stabil bahkan di masa ekonomi yang fluktuatif.

0 Komentar