Berapa Minggu Sekali Olahraga untuk Pemula? Simak Ulasannya Disini!

Berapa Minggu Sekali Olahraga untuk Pemula? Simak Ulasannya Disini!
Aerobik. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID- Memulai rutinitas olahraga bagi pemula bisa jadi menantang. Banyak orang yang bingung berapa kali mereka harus berolahraga dalam seminggu dan berapa lama setiap sesi latihan harus berlangsung.

Artikel ini akan membahas panduan yang komprehensif tentang frekuensi dan durasi latihan yang ideal bagi pemula, dilengkapi dengan sumber terpercaya untuk mendukung rekomendasi ini.

Mengapa Olahraga Itu Penting?

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menguatkan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

Baca Juga:7 Olahraga Ringan Ini Mudah Diikuti oleh Pemula, Cocok untuk Diet!8 Rekomendasi Menu Makan Siang yang Cocok untuk Diet, Biar Tetep Kenyang!

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur.

Berapa Kali dalam Seminggu?

Rekomendasi Umum

Berdasarkan pedoman dari American Heart Association (AHA), orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik intensitas tinggi setiap minggunya. Ini dapat dibagi menjadi lima sesi latihan selama 30 menit atau tiga sesi latihan selama 50 menit.

Untuk Pemula

Bagi pemula, disarankan untuk memulai dengan tiga hingga empat sesi latihan per minggu. Hal ini memungkinkan tubuh untuk beradaptasi dengan aktivitas fisik yang meningkat dan mengurangi risiko cedera.

Misalnya, Anda bisa mulai dengan tiga sesi latihan selama 20-30 menit setiap kali, kemudian secara bertahap meningkatkan frekuensi dan durasi seiring dengan peningkatan kebugaran Anda.

Berapa Lama Setiap Sesi?

Durasi yang Disarankan

Durasi latihan yang disarankan untuk pemula adalah sekitar 20-30 menit per sesi. Pada tahap awal, penting untuk fokus pada kualitas daripada kuantitas latihan. Dengan berjalannya waktu, Anda dapat menambah durasi latihan hingga 45-60 menit per sesi.

National Health Service (NHS) di Inggris juga menyarankan agar pemula memulai dengan sesi latihan yang lebih pendek dan meningkatkan durasinya seiring waktu .

Pendekatan Bertahap

Memulai dengan sesi latihan yang lebih pendek membantu membangun kebiasaan olahraga yang konsisten. Sebagai contoh, minggu pertama bisa dimulai dengan 15 menit berjalan kaki setiap hari.

Baca Juga:6 Menu Makan yang Mudah & Praktis untuk Diet, Enggak Ribet!Latvia, Negara Memiliki Destinasi Wisata Pantai Berpasir Emas

Minggu kedua, tambahkan lima menit setiap sesi sehingga menjadi 20 menit. Pendekatan bertahap ini membantu tubuh beradaptasi tanpa merasa terlalu kewalahan.

0 Komentar