Rumus Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Sisi Datar

Rumus Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Sisi Datar
Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

[ text{Volume} = p times l times t ]

3. Prisma Segitigaa. Luas PermukaanPrisma terdiri dari dua segitiga identik dan tiga persegi panjang antara segitiga tersebut. Rumus luas permukaan prisma segitiga adalah:

[ text{Luas Permukaan} = (2 times text{Luas Segitiga}) + (text{Keliling Alas} times text{Tinggi Prisma}) ]

b. VolumeVolume prisma segitiga dihitung dengan mengalikan luas alas dengan tinggi prisma:

Baca Juga:Selain Untar,Ini 10 Universitas Swasta Unggulan di Jakarta untuk Tahun 2024"Sialan" oleh Adrian Khalif dan Juicy Luicy Dominasi Spotify Indonesia di Juni 2024

[ text{Volume} = text{Luas Alas} times text{Tinggi Prisma} = frac{1}{2} times a times t times T ]

Di mana:

( a ) adalah panjang alas segitiga,( t ) adalah tinggi segitiga,( T ) adalah tinggi prisma.4. Limas Segitigaa. Luas PermukaanLuas permukaan limas segitiga merupakan jumlah dari luas alas dan luas ketiga sisi selimut:

[ text{Luas Permukaan} = text{Luas Alas} + text{Luas Selimut} ]

Di mana:

Luas alas adalah (frac{1}{2} times a times t),Luas selimut dihitung dari semua segitiga.b. VolumeVolume limas segitiga dihitung dengan rumus:

[ text{Volume} = frac{1}{3} times text{Luas Alas} times text{Tinggi Limas} ]

Baik bangun ruang sisi lengkung maupun bangun ruang sisi datar memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi cara kita menghitung luas permukaan dan volumenya.

Mengetahui rumus-rumus ini tidak hanya membantu kita dalam pelajaran matematika, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, mengetahui volume suatu benda dapat membantu dalam menentukan kapasitas penyimpanannya, sementara memahami luas permukaan dapat berguna saat kita ingin mengecat atau melapisi suatu objek.

Baca Juga:Atta Halilintar Usai Lulus SMA di Umur 29, Berambisi Lanjutkan Pendidikan Tinggi?Awkarin Rugi 400 Juta Akibat Aksi Curang Admin yang Menjadi Saksi Pencurian Tahun Lalu

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang geometri, kita dapat lebih mudah berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

0 Komentar