PLN Peduli Dukung Pengembangan UMKM

PLN
PT PLN (Persero) menjalankan program TJSL dengan menyasar pengembangan UMKM di Kelurahan Karyamulya. FOTO: IST/ RAKCER.ID
0 Komentar

*** Lima Tahun Kepemimpinan Erick Tohir, BUMN Semakin Terdepan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui TJSL PLN Peduli

CIREBON. RAKCER.ID – PT PLN (Persero), melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon berkomitmen menjalankan progam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Dengan mengusung tagline “Mendorong Kemandirian Kaum Rentan”, TJSL PLN dengan tajuk PLN Peduli, berfokus pada pada pemberdayaan UMKM melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan bantuan sarana serta peralatan produksi. 

Baca Juga:Kedua Kalinya, DPRD Kota Cirebon Kembali Rubah Propemperda 2024Paripurna DPRD Bahas 3 Agenda, Perubahan Propemperda, Pengesahan Perda PP-APBD 2023 hingga Penyampaian RPJPD

Program ini dilaksanakan di Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, dimana di wilayah ini terlintasi jaringan transmisi SUTT 150kV Mandirancan – Sunyaragi, SUTT 150kV New Kadipaten – Sunyaragi serta SUTT 70kV Sunyaragi – Kuningan.

Kegiatan Kick Off dilaksanakan pada tanggal 24 Juni lalu, yang dihadiri UMKM penerima manfaat dan stakeholder terkait, diantaranya Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Cirebon, perwakilan Camat Kesambi, Lurah Karyamulya, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta PKK dan Karangtaruna Kelurahan Karyamulya.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT), Tejo Wihardiyono, menyampaikan semakin baiknya peranan BUMN termasuk diantaranya PLN dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui TJSL.

Tahun 2023 yang lalu beberapa program TJSL di PLN UIT JBT mampu memberikan dampak signifikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dengan salah satu indikatornya adalah nilai Social Return on Investment (SROI) cukup baik.

“PLN UIT JBT menyalurkan TJSL di lokasi-lokasi ring 1 dari aset instalasi, diantaranya aset tower transmisi dan Gardu Induk. UMKM Boga Karyamulya ini sangat dekat dengan Gardu Induk Sunyaragi, dan kami berharap dengan program ini komunitas pengusaha dari kelompok wanita bisa lebih maju dan mandiri, serta mampu memberikan dampak baik bagi pengembangan komunitas sekitar,” ungkap Tejo Wihardiyono.

Sementara itu, Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIT JBT, Irfan Saputra yang hadir langsung dalam acara kick off program TJSL tersebut menjelaskan, salah satu tujuan program pemberdayaan UMKM melalui PLN Peduli tersebut adalah untuk mengupayakan UMKM – UMKM binaan PLN agar naik kelas.

“PLN Peduli kali ini menyasar UMKM dengan produk olahan pangan atau boga, guna mendorong para pelaku UMKM untuk naik kelas, bisa dengan peningkatan omset, peningkatan penjualan maupun penambahan tenaga kerja,” terang Irfan Saputra.

0 Komentar