5 Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Usia-40 Tahun, Tipsnya Disini!

5 Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Usia-40 Tahun, Tipsnya Disini!
Bersepeda. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

Yoga adalah latihan yang menggabungkan peregangan, pernapasan, dan meditasi. Yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan otot.

Menurut sebuah artikel di International Journal of Yoga, yoga juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Bagi mereka yang baru mulai, yoga dapat dilakukan dengan mengikuti kelas pemula atau tutorial online.

3. Tai Chi

Tai Chi adalah seni bela diri Cina yang sering digambarkan sebagai “meditasi dalam gerakan.” Menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), Tai Chi dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta mengurangi risiko jatuh, yang menjadi perhatian utama bagi orang yang lebih tua.

4. Bersepeda Ringan

Baca Juga:10 Makanan Pengganti Karbohidrat Nasi, Tetap Kenyang!10 Alternatif Pengganti Gula Alami yang Bikin Sehat untuk Kehidupan Lebih Manis

Bersepeda ringan adalah cara lain yang menyenangkan untuk tetap aktif. Bersepeda dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat otot kaki, dan meningkatkan stamina.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan mental.

5. Senam Aerobik Ringan

Senam aerobik ringan dapat dilakukan di rumah dengan mengikuti video panduan. Aktivitas ini membantu meningkatkan detak jantung dan membakar kalori tanpa memberi tekanan berlebih pada sendi. Menurut American Heart Association, aerobik ringan selama 150 menit per minggu dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tips untuk Memulai

Bagi mereka yang baru mulai berolahraga di usia 40 tahun, penting untuk memulai dengan perlahan dan bertahap. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Mulailah dengan durasi dan intensitas rendah, kemudian tingkatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan tubuh.

Pilihlah waktu yang tetap setiap pagi untuk berolahraga agar menjadi kebiasaan. Mengajak teman atau anggota keluarga untuk berolahraga bersama juga dapat meningkatkan motivasi dan membuat aktivitas fisik menjadi lebih menyenangkan.

Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga dan pendinginan setelah selesai untuk menghindari cedera.

Kesimpulan

Baca Juga:Arsenal Ogah Pecahkan Rekor Transfer Declan Rice Musim LaluMikel Arteta Sempat Ragu Transfer Riccardo Calafiori ke Arsenal

Olahraga ringan di pagi hari sangat bermanfaat bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

0 Komentar