Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 40-an, Tidak Ada Kata Terlambat untuk Memulai Perawatan Kulit!

Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 40-an, Tidak Ada Kata Terlambat untuk Memulai Perawatan Kulit!
Rutinitas perawatan kulit wajah glowing untuk usia 40-an. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Ketika memasuki usia 40-an perubahan pada kulit mulai terasa mulai dari munculnya kerutan dan garis halus yang merupakan tanda-tanda penuaan.

Kulit juga menjadi lebih tipis dan kurang elastis. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan rutinitas perawatan kulit agar sesuai dengan kebutuhan kulit yang berubah.

Di samping memperbarui rutinitas perawatan kulit, memperbaiki pola makan juga berperan penting dalam mencegah penuaan dini.

Baca Juga:4 Resep Makanan Bergizi dengan Protein Tinggi yang Aman untuk KolesterolMengenal Desain Arsitektur Gothic yang Misterius Namun Tetap Ikonik

Makanan yang kaya kolagen, lemak sehat, serta konsumsi air yang cukup dapat menjaga kulit tetap kencang dan bersih.

Berikut adalah 2 rutinitas perawatan kulit wajah untuk usia 40-an di pagi dan malam hari:

Rutinitas Skincare Pagi untuk Usia 40-an

1. Cuci Muka

Pilihlah produk pembersih wajah yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran. Untuk usia 40-an, gunakan pembersih yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid untuk membantu mengelupas sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.

2. Serum

Gunakan serum dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E, hyaluronic acid, atau retinoids.

Serum ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan, memberikan kelembapan, serta mengurangi garis halus dan kerutan.

3. Moisturizer

Pelembab adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit pagi. Pilihlah moisturizer yang mengandung ceramides, glycerin, atau hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit dan menjaga skin barrier agar tidak cepat rusak.

4. Sunscreen

Penggunaan sunscreen dengan SPF minimal 30 dapat mengurangi risiko kanker kulit hingga 50%. Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV yang merusak, dan sebaiknya digunakan setiap hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pilihlah sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi untuk perlindungan yang lebih baik.

Rutinitas Skincare Malam untuk Usia 40-an

1. Hapus Makeup

Baca Juga:Ide Desain Wall Panel Dinding Cantik yang Bisa Bikin Rumah Terlihat Mewah Bak Hotel Bintang LimaMengenal Rumah Gaya Victorian, Arsitektur Megah dan Interior Mewah yang Tak Lekang oleh Waktu

Gunakan cleansing balm untuk menghapus makeup dengan lebih mudah. Jika menggunakan kapas, lakukan dengan hati-hati untuk menghindari iritasi.

2. Cuci Muka

Setelah menghapus makeup, cuci muka untuk membersihkan sisa kotoran dan debu yang tidak terangkat oleh cleansing balm.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi secara rutin penting untuk mengangkat sel kulit mati. Pilih produk dengan kandungan AHA atau BHA untuk eksfoliasi kimia, dan gunakan scrub untuk eksfoliasi fisik. Lakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu dan selalu gunakan pelembab setelahnya.

0 Komentar