8 Fakta Menarik Paus Beluga, Jenis Mamalia Laut yang Sangat Unik

8 Fakta Menarik Paus Beluga, Jenis Mamalia Laut yang Sangat Unik
Paus beluga Foto : Pinterest / Rakce.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta Menarik Paus Beluga, Paus beluga (Delphinapterus leucas), sering dijuluki sebagai “perkutut laut” karena vokalisasinya yang unik, adalah mamalia laut yang memesona.

Paus berwarna putih ini menghuni perairan dingin Arktik dan sub-Arktik. Berikut 8 fakta menarik tentang paus beluga yang akan membuat Anda takjub:

1. Tubuh Berwarna Putih Seperti Salju

Berbeda dengan kebanyakan paus berwarna abu-abu atau hitam, paus beluga memiliki tubuh berwarna putih pucat.

Baca Juga:Paling Banyak di Pesan Oleh Pelanggan, 5 Menu Best Seller di Kimukatsu 2024, Yang Bisa Kamu CobaMenu Best Seller Marugame Udon 2024, Wajib Kamu Coba Agar Tidak Penasaran 

Warna putih ini diduga berfungsi sebagai kamuflase saat berburu di bawah lapisan es laut Arktik. Uniknya, anak paus beluga lahir berwarna abu-abu gelap dan baru berubah menjadi putih seiring bertambahnya usia.

2. Tidak Memiliki Sirip Punggung

Kebanyakan mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus memiliki sirip punggung yang menonjol di punggung mereka.

Namun, paus beluga tidak memiliki fitur ini. Para ahli percaya ketidakhadiran sirip punggung membantu paus beluga berenang di bawah es laut yang tebal.

Selain itu, tubuh mereka yang fleksibel memungkinkan mereka untuk bermanuver dengan lincah di antara labirin es.

3. Melon yang Membantu Paus Beluga “Berbicara”

Paus beluga memiliki organ berlemak besar di dahinya yang disebut melon. Melon ini diduga memainkan peran penting dalam kemampuan paus beluga untuk mengeluarkan suara dan menggunakan ekolokasi.

Ekolokasi adalah kemampuan paus beluga untuk memancarkan gelombang suara dan menafsirkan gema untuk mendeteksi mangsa, menavigasi di lingkungan bawah air, dan berkomunikasi dengan paus beluga lainnya.

4. Komunikator yang Vokal

Paus beluga dikenal dengan berbagai macam vokalisasi yang kompleks. Mereka dapat mengeluarkan bunyi klik, siulan, peluit, dan kicauan.

Baca Juga:Sangat Memanjakan Mata dan Membuat Pikiran Tenang, 8 Destinasi Wisata di Kulon Progo yang MenakjubkanMenjadi Menu yang Banyak di Sukai, 5 Menu Best Seller di Waroeng Steak 2024 yang Bisa Kamu Coba

Variasi suara ini diduga digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain, seperti memberikan peringatan bahaya, mencari pasangan, dan menjaga hubungan sosial. Bahkan, kemampuan vokal paus beluga dianggap sangat mirip dengan burung penyanyi.

5. Perenang Lambat nan Tangguh

Meskipun paus beluga terlihat ramping dan lincah, kecepatan renang mereka secara umum hanya 3-9 km/jam.

Namun, mereka memiliki kemampuan melakukan burst singkat hingga kecepatan 22 km/jam meskipun hanya dapat dipertahankan selama 15 menit.

0 Komentar