Raih Gelar Doktor, AHY Tekankan Keseimbangan Politik-Akademis

AHY
Menteri ATR/ BPN yang juga Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berhasil mempertahankan disertasinya, dan dinyatakan lulus program doktoral Unair dengan predikat Cumlaude. FOTO: IST/ RAKYATCIREBON.ID
0 Komentar

CIREBON. RAKYATCIREBON.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan gelar akademis yang prestisius.

Kemarin, AHY menyelesaikan sidang doktoral terbuka di Universitas Airlangga (Unair).

Putra sulung Presiden ke-6 RI tersebut berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045’ dihadapan promotor, dan dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.

Judul tersebut diangkat AHY dalam rangka mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Gelar doktoral tersebut juga menyempurnakan ketokohan politik yang disandangnya, dengan kemampuan akademis yang mumpuni.

Baca Juga:Paripurna DPRD Kota Cirebon Sahkan Perda P-APBD 2024PLN Kembangkan Biomassa di Tasikmalaya, Dikelola Masyarakat dan Didukung Pemerintah

Dalam keterangan resminya, AHY mengucap syukur atas pencapaiannya, karena ditengah kesibukannya sebagai seorang menteri, ia bisa menuntaskan perjuangan menyelesaikan studi doktoral.

“Tentunya saya berharap, itu bisa saya kontribusikan untuk pengambilan kebijakan ke depan, karena kita ingin Indonesia semakin tumbuh ekonominya, semakin maju dan juga semakin sejahtera,” ungkap AHY.

Didalam disertasinya, lanjut AHY, ia juga menekankan perlunya ada berbagai upaya perbaikan, agar kapasitas dan kualitas SDM bangsa semakin baik, sehingga bonus demografi Indonesia tidak menjadi sia-sia.

AHY juga mengatakan, harus ada kedekatan dan kolaborasi pemikiran antara politisi dengan akademisi.

“Karena membuat kebijakan dan keputusan-keputusan politik itu harus berdasar pada pendekatan yang ilmiah. Jadi akademisi itu juga sangat diharapkan peran dan kontribusi pemikirannya,” kata AHY.

Sementara itu, Anggota DPR-RI, yang juga Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Ir H Herman Khaeron ikut berbangga dengan pencapaian ketua umumnya tersebut.

Dijelaskan Hero, seorang politisi tidak saja dituntut untuk mampu memberikan pengaruh dengan kemampuan retorika politik, namun juga harus ditunjang dengan kemampuan akademis yang berbasis keilmuan.

Baca Juga:DPRD Kota Cirebon Tetapkan Rencana Kerja Tahun 2025Majelis Shalawat dan Manaqib Masjid Nurul Falah Milad Pertama

“Saya bersyukur dan bangga pak AHY mampu memadukan kemampuan politik dengan basis akademis yang kuat melalui pencapaian gelar doktor dengan predikat cumlaude,” ungkap Kang Hero.

Hero juga berharap, pencapaian Ketua Umum PD tersebut bisa dicontoh oleh politisi lainnya, sehingga kemampuan akademis akan memberikan kontribusi terbaik untuk pengambilan kebijakan ke depan, terutama untuk kemajuan ekonomi dan kesejahteraan bangsa.

0 Komentar