5 Fakta Menarik tentang Jack O'Lantern Ikon Halloween yang Jarang Diketahui

5 Fakta Menarik tentang Jack O\'Lantern Ikon Halloween yang Jarang Diketahui
Fakta menarik Jack O\'Lantern. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Setiap Halloween, kita sering melihat labu yang diukir menjadi wajah menyeramkan dengan lilin yang menyala di dalamnya.

Tradisi ini dikenal sebagai Jack O’Lantern, ikon yang tak bisa dipisahkan dari perayaan Halloween.

Namun, tahukah kamu bahwa di balik tampilannya yang seram, Jack O’Lantern memiliki sejarah dan cerita yang menarik?

Baca Juga:7 Film Horor Wajib Tonton untuk Halloween yang Lebih MenegangkanBatik Termahal di Dunia: Mengapa Harganya Mencapai Ratusan Juta? Ternyata Tekniknya Begini!

Berikut lima fakta menarik tentang Jack O’Lantern yang jarang diketahui.

Fakta Menarik Jack O’Lantern saat Helloween

1. Asal-usul Jack O’Lantern Berawal dari Legenda Irlandia

Jack O’Lantern berasal dari kisah rakyat Irlandia tentang seorang pria bernama “Stingy Jack.” Menurut legenda, Jack adalah pria licik yang berhasil menipu setan beberapa kali. Karena tipu muslihatnya, setelah kematiannya, Jack tidak diizinkan masuk ke surga atau neraka. Sebagai gantinya, ia harus berkeliaran di bumi selamanya dengan membawa lentera yang terbuat dari lobak berlubang dan bara api dari neraka. Inilah asal usul nama Jack O’Lantern, yang secara harfiah berarti “lentera Jack.”

2. Labu Bukanlah Pilihan Awal untuk Jack O’Lantern

Sebelum labu menjadi bahan utama untuk membuat Jack O’Lantern, orang-orang di Irlandia dan Skotlandia sebenarnya menggunakan lobak atau bit besar. Ketika tradisi ini dibawa ke Amerika oleh para imigran Irlandia pada abad ke-19, mereka mulai menggunakan labu karena lebih besar, mudah diukir, dan melimpah di Amerika Utara. Sejak saat itu, labu menjadi ikon utama dalam pembuatan Jack O’Lantern saat Halloween.

3. Jack O’Lantern Awalnya Digunakan untuk Menakut-nakuti Roh Jahat

Pada zaman dahulu, orang-orang percaya bahwa Halloween adalah malam di mana batas antara dunia hidup dan mati menjadi tipis, sehingga roh-roh jahat bisa berkeliaran. Jack O’Lantern dibuat dengan wajah yang menyeramkan untuk menakut-nakuti roh jahat dan menjaga mereka agar tidak mendekati rumah. Orang-orang akan menempatkan Jack O’Lantern di pintu atau jendela sebagai perlindungan.

4. Ukiran Jack O’Lantern Dulu Sangat Sederhana

Jika kamu melihat ukiran Jack O’Lantern saat ini, kamu mungkin akan menemukan desain yang rumit dan penuh detail, seperti karakter dari film atau bentuk-bentuk kreatif lainnya. Namun, pada awalnya, ukiran Jack O’Lantern sangat sederhana, biasanya hanya berupa mata, hidung, dan mulut yang dipotong secara kasar. Tradisi modern telah mengembangkan ukiran labu menjadi seni yang lebih kompleks, bahkan ada kompetisi ukiran labu yang diadakan setiap Halloween!

0 Komentar