Perut Buncit? Yuk, Jalan Kaki! Tapi Sehari Berapa Lama?

Perut Buncit? Yuk, Jalan Kaki! Tapi Sehari Berapa Lama?
Ilustrasi perut buncit. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Siapa sih yang enggak pengen punya perut rata? Selain bikin penampilan lebih menarik, perut rata juga menandakan tubuh yang sehat. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk mencapai perut rata adalah dengan jalan kaki. Tapi, berapa lama sih kita harus jalan kaki agar perut buncit bisa mengecil?

Jalan Kaki: Olahraga yang Super Mudah

Jalan kaki adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Gak perlu alat yang ribet, cukup sepasang sepatu nyaman sudah cukup. Selain itu, jalan kaki juga bisa menjadi momen untuk menikmati pemandangan sekitar dan menyegarkan pikiran.

Berapa Lama Jalan Kaki yang Ideal?

Banyak yang bertanya-tanya, berapa lama sih kita harus jalan kaki agar perut buncit bisa mengecil? Jawabannya tidak sesederhana itu.

Baca Juga:Viral Tren Diet Kopi Americano, Ampuh Bikin Langsing?8 Efek Samping Pisang yang Jarang Disadari, Jangan Terlalu Banyak Konsumsi!

Durasi yang dibutuhkan untuk melihat hasil yang signifikan akan berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada beberapa faktor seperti usia, berat badan, metabolisme tubuh, dan intensitas jalan kaki.

Menurut penelitian, berjalan kaki selama 50-70 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu bisa efektif untuk mengecilkan perut buncit.

Namun, penelitian lain juga menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan cepat selama 2,5 jam dalam seminggu atau 20 menit per hari juga bisa memberikan hasil yang cukup baik.

Kenapa Jalan Kaki Bisa Mengecilkan Perut?

  • Pembakaran Kalori: Jalan kaki membantu membakar kalori, terutama jika dilakukan dengan intensitas yang cukup tinggi. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin cepat lemak di perut akan berkurang.
  • Meningkatkan Metabolisme: Jalan kaki secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang tinggi akan membantu membakar kalori lebih efisien, bahkan saat sedang beristirahat.
  • Mengurangi Stress: Stres dapat memicu produksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan penyimpanan lemak di perut. Jalan kaki dapat membantu mengurangi stres dan menurunkan kadar kortisol dalam tubuh.

Tips Jalan Kaki yang Efektif

  • Konsisten: Kuncinya adalah konsisten. Usahakan untuk jalan kaki secara teratur setiap hari atau minimal beberapa kali dalam seminggu.
  • Tingkatkan Intensitas: Seiring berjalannya waktu, cobalah untuk meningkatkan intensitas jalan kaki. Misalnya, dengan mempercepat langkah atau berjalan di medan yang lebih menantang.
  • Kombinasikan dengan Pola Makan Sehat: Jalan kaki akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Kurangi konsumsi makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan sodium.
  • Cukup Istirahat: Jangan lupa untuk memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup agar proses pemulihan otot bisa berjalan dengan baik.
0 Komentar