Sangat Miris Sekali, 5 Burung yang Sudah Punah,Dalam Beberapa Tahun Terakhir

Sangat Miris Sekali, 5 Burung yang Sudah Punah,Dalam Beberapa Tahun Terakhir
Eskimo Curlew Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

3. Eskimo Curlew

Burung yang sudah punah selanjutnya yaitu ada Eskimo curlew, Semenanjung Bathurst dan Point Lake di Kanada, serta mungkin Alaska, adalah rumah bagi suku Eskimo curlew.

Spesies ini bermigrasi ke sejumlah negara Amerika Selatan, termasuk Chile, Argentina, dan Brazil. Sejak tahun 1890-an, populasi burung ini telah menurun, dan pada abad ke-20, burung ini menjadi sangat langka.

Spesimen curlew Eskimo terakhir ditemukan di Barbados pada tahun 1963, sedangkan populasi liar terakhir ditemukan di Amerika Selatan pada tahun 1939.

Baca Juga:5 Jenis Ikan Louhan yang Sangat Populer dan Memiliki Warna yang Sangat CantikBisa Menghasilkan Daging Banyak, 5 Jenis Ayam Pedaging yang Biasa Dikonsumsi, Ada yang Dari Indonesia juga 

Namun demikian, burung ini disebutkan dalam beberapa kesempatan antara tahun 1981 dan 2012, hilangnya habitat aslinya dan perburuan liar diduga menjadi penyebab kepunahan burung ini.

4. Oloma’o

Burung yang sudah punah ke 4 yaitu ada oloma’o, burung ini terlihat dalam jumlah besar pada tahun 1934, namun setelah itu populasinya mulai menyusut.

Saat ini, populasinya diperkirakan sangat kecil atau bahkan punah alasan utama menurunnya populasi burung ini diyakini karena berkembangnya penyakit yang ditularkan oleh nyamuk seperti flu burung dan kerusakan habitat.

Meski burung ini terakhir kali diamati pada tahun 1994, para ilmuwan masih mengklasifikasikannya sebagai terancam punah karena belum dilakukan survei ulang di salah satu lokasi habitat burung ini.

5. Cryptic Treehunter

Burung yang sudah punah ke 5 sekaligus terakhir yaitu ada burung cryptic treehunter, Seekor burung asli Brasil disebut pemburu pohon samar.

Hanya hutan di barat daya Brasil, salah satu wilayah di dunia dengan tingkat kerusakan terburuk, yang menjadi rumah bagi spesies ini.

Karena kemiripannya dengan burung Pemungut Dedaunan Alagoas, burung ini baru dikenali sebagai spesies berbeda pada tahun 2014, sehingga masih sedikit informasi yang tersedia mengenai populasi dan ekologinya.

Baca Juga:Tidak Bisa Melihat Warna Merah, 5 Fakta Tentang Sapi, Hewan Yang Bisa Mencium Bau Orang Dari Jarak 6 Mil Bebek Selam Terbesar, 5 Fakta Unik Bebek Canvasback, Bebek Selam yang Jago Terbang 

Sejak terakhir kali terlihat pada bulan April 2007, tampaknya burung ini telah punah sebelum dapat diteliti lebih lanjut.

Nah itulah 5 jenis burung yang sudah punah dalam decade terakhir semoga burung yang terancam tidak sepenuhnya punah agar ekosistem alam tetap terjaga.(*)

0 Komentar