Ternyata Ini Rahasianya, Mengapa Bulu Bebek Tidak Basah Ketika Terkena Air

Ternyata Ini Rahasianya, Mengapa Bulu Bebek Tidak Basah Ketika Terkena Air
Bebek Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Memiliki Bulu yang sangat mendukung akan kedap air

Menurut KQED, semua spesies burung memiliki tingkat ketahanan air tertentu karena bulunya yang terawat baik; namun, karena burung air memiliki ketahanan ini, maka resistensi tersebut akan lebih tinggi.

Karena bulunya yang sangat tebal, bebek jauh lebih tahan air dibandingkan burung darat yang daya tahannya lebih sedikit terhadap air.

Bebek memiliki tiga jenis bulu yang berbeda: bulu kontur, bulu bawah, dan bulu sayap, menurut Bird Sport.

Baca Juga:Kamu Suka Masakan Ayam Dengan Rasa Pedas yang Membakar Lidah? Cobailah, 5 Ayam Pedas Khas IndonesiaSangat Mahal, 5 Jenis Ikan Koi yang Memiliki Harga Sangat Mahal, Apakah Kamu Tertarik ?

Bulu-bulu tersebut memungkinkan burung untuk terbang dan memberikan isolasi bagi burung yang jatuh.

Bilah bulu yang keras, halus, lurus yang membentuk kontur bulu yang menutupi tubuh bebek disertai dengan sisa bulu atau batang punggung yang lembut dan halus, yang tersembunyi di balik bilah dan berfungsi sebagai lapisan atau perisai terluar.

Karena strukturnya yang berbeda, bulu kontur memberikan bentuk dan warna pada bebek serta bertindak sebagai garis pertahanan pertama saat menghadapi air.

Barbula, atau jaringan kait yang saling berhubungan pada bilah setiap kontur bulu, membantu kemampuan bebek dalam menangkal air.

Jika bulu mampu menahan bulu dengan aman dan tetap kering, maka pengait akan tetap menempel.

Hal inilah yang akan memudahkan berkembangnya lapisan kedap air yang menjaga kelembapan pada bulu bawah.

Jika salah satu bulu konturnya lembap, kailnya akan terlepas.

Bebek selanjutnya akan menggunakan otot-otot yang berada tepat di bawah kulitnya untuk mengeluarkan air sehingga bulunya bisa tumbuh.

Baca Juga:Jarang Ditemukan, 5 Jenis Bunga yang Langka dan Unik, Tidak Bisa Ditemukan Di Tempat Lain Sangat Populer Sekali, 5 Jenis Burung Kicau Kecil, Ada yang Populer Sebagai Burung Kicau 

Barbules juga akan bermanfaat. daya apung alami bebek dengan membiarkan udara terperangkap di antara bulu dan kulitnya.

Bebek memiliki bulu yang lebih banyak dibandingkan burung darat, namun memiliki bentuk tubuh yang serupa, selain itu juga memiliki bentuk bulu dengan barbula yang lebih padat.

Hasilnya, mereka akan menjadi jauh lebih tahan air.

Karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu di bawah air, bebek dapat bertahan pada suhu yang sangat dingin.

Na itu tadi adalah pembahasan mengenai mengapa bulu bebek sangat kedap air semoga dapat menambah pengetahuan kita semua yang haus akan ilmu pengetahuan.(*)

0 Komentar