Cara Membuat Formulir Input Data di Excel untuk Mempermudah Pengelolaan Data 

Cara Membuat Formulir Input Data di Excel untuk Mempermudah Pengelolaan Data 
Formulir Input Data. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Cara membuat formulir di Excel bukan hanya memudahkan proses input data, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan pengetikan dan memastikan data yang masuk sudah sesuai format yang diinginkan.

Selain itu, penggunaan formulir juga meningkatkan kecepatan pengolahan data dan membuat tampilan spreadsheet Anda tetap rapi dan tertata.

Cara Membuat Formulir Input Data di Excel dengan Mudah dan Efektif

1. Siapkan Tabel Data

Baca Juga:Cara Menyimpan dan Membagikan Presentasi PowerPoint Secara Online ke Berbagai Format10 Fungsi Microsoft Excel yang Harus Diketahui Pemula

Pertama, buatlah tabel di Excel yang terdiri dari kolom-kolom sesuai data yang ingin Anda input.

Misalnya, buat kolom Nama, Alamat, No. Telepon, dan Email. Pastikan baris pertama digunakan sebagai header kolom.

2. Aktifkan Fitur Formulir Data

Secara default, tombol Formulir tidak muncul di ribbon Excel untuk menambahkannya Anda bisa pergi ke File > Options > Customize Ribbon atau Quick Access Toolbar.

Pilih Commands Not in the Ribbon, lalu cari dan tambahkan Form ke toolbar yang Anda inginkan.

3. Menggunakan Formulir Input Data

Klik pada salah satu sel di tabel Anda, lalu tekan tombol Form yang sudah Anda tambahkan, akan muncul jendela formulir yang menampilkan kolom-kolom sesuai header tabel tadi.

Anda bisa langsung mengisi data baru, mengedit data yang ada, atau mencari data tertentu dengan mudah.

4. Menyimpan dan Mengelola Data

Setiap kali Anda menambahkan data melalui formulir, Excel secara otomatis akan memasukkannya ke dalam tabel di worksheet.

Baca Juga:Rekomendasi Aplikasi AI Gratis untuk Mahasiswa, Tugas Kuliah Langsung Beres Seketika!Tips Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Excel untuk Pemula

Ini membuat data Anda tersusun secara rapi dan mudah dianalisis menggunakan fitur filter, pivot table, atau grafik.

Formulir ini sangat cocok digunakan oleh siapa saja, mulai dari pelaku bisnis kecil, guru yang ingin mencatat absensi siswa, hingga profesional yang harus mengelola data klien secara sistematis. (*)

0 Komentar