Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS untuk Menjumlahkan Data dengan Beberapa Kriteria di Excel

Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS untuk Menjumlahkan Data dengan Beberapa Kriteria di Excel
Fungsi SUMIFS di Excel. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Fungsi SUMIFS adalah fungsi lanjutan di Excel yang digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai dalam sebuah rentang data dengan memperhatikan lebih dari satu kondisi atau kriteria.

Fungsi ini sangat berguna ketika Anda ingin mendapatkan total yang spesifik dari data yang memiliki banyak variabel.

Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS untuk Menjumlahkan Data dengan Beberapa Kriteria di Excel

Format dasar dari fungsi SUMIFS adalah sebagai berikut:

=SUMIFS(range_sum, range_kriteria1, kriteria1, [range_kriteria2, kriteria2], …)

range_sum: rentang sel yang akan dijumlahkan

range_kriteria1: rentang sel untuk kriteria pertama

kriteria1: syarat atau kondisi yang harus dipenuhi pada range_kriteria1

range_kriteria2, kriteria2, …: kriteria tambahan yang opsional

Baca Juga:Tips Mengatur Ruang Kecil Pada Rumah Minimalis Agar Lebih Efisien dan LuasCara Memilih Granit Tile Minimalis untuk Rumah Modern dan Berkelas

Sebagai contoh, Anda memiliki tabel penjualan dengan kolom Produk, Wilayah, dan Jumlah Penjualan.

Jika ingin menjumlahkan total penjualan produk “A” di wilayah “Jakarta”, Anda dapat menggunakan rumus:

=SUMIFS(C2:C100, A2:A100, “A”, B2:B100, “Jakarta”)

Di mana C2:C100 adalah kolom jumlah penjualan, A2:A100 adalah kolom produk, dan B2:B100 adalah kolom wilayah. Rumus ini akan menambahkan semua nilai di kolom penjualan yang memenuhi kriteria produk “A” dan wilayah “Jakarta”. (*)

0 Komentar