RAKCER.ID – Barang yang dianggap rongsokan sekarang sangat bernilai tinggi dianggap punya ciri khas tersendiri dan Antik, Vespa PTS banyak dicari oleh kolektor.
Masuk dalam keluarga Smallframe, beberapa tahun terakhir Vespa PTS 90 maupun 100 jadi barang buruan bagi penghobi skuter asal Italia tersebut.
Tingginya minat berburu skutik berbodi mungil ini, membuat harga Vespa PTS 100 maupun 90 meledak hingga 10 kali lipat dalam waktu kurang dari 10 tahun terakhir.
Baca Juga:Siap Meluncur ! Honda GB350S Si Ganteng Retro Yang Terlalu Sempurna Segini HarganyaKeren Banget ! Rute Tol Cisumdawu Dukung Pengembangan Kawasan Segitiga Emas
Padahal menurut Keifal Islami, salah satu penghobi Vespa, PTS dahulu terbilang motor yang dianggap rongsokan dan kurang diminati orang karena berbagai sebab.
Simak Ulasan Lengkap Tentang Vespa PTS
Vespa PTS merupakan bagian dari Vespa Small Frame asal Italia yang memiliki desain serba kompak di seluruh bodinya.
Dilihat dari sejarahnya, Vespa yang dirancang oleh Corradano D’Ascanio ini diproduksi berdasarkan tuntutan pasar yang saat itu sedang diramaikan oleh kemunculan motor Jepang dengan spesifikasi sederhana, salah satunya Honda Super Cub (C50).
Untuk memenuhi keinginan pasar tersebut, pada tahun 1963, Piaggio kemudian menciptakan Vespa Small Frame sebagai skuter dengan desain bodi yang kecil, ramping, dan memiliki mesin berkapasitas kecil untuk menghemat konsumsi bahan bakar.
Di Indonesia, kehadiran Vespa Small Frame ini ditangani oleh PT Dan Motors Indonesia (DMI) yang mendapat lisensi penuh dari Piaggio Italia.
Lalu, pada tahun 1976, meluncur Vespa PTS 90 guna menghadapi persaingan ketat di segmen motor dengan mesin berkapasitas mini.
Dua tahun kemudian, PT DMI merilis varian PTS dengan mesin 100cc sebagai alternatif bagi para penggemar skuter pada saat itu.
Baca Juga:Profil Lengkap Pemilik Jalan Tol Cisumdawu Ternyata Milik Pengusaha Muslim TionghoaProfil Lengkap Singkatan Dari Nama Tol Cisumdawu Ternyata Ini Artinya
Khusus untuk model PTS 100, meski secara sekilas mirip dengan model Vespa PTS 90, namun varian ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan saudaranya tersebut.
Jika Vespa PTS 90 memiliki emblem bertuliskan Vespa Special, maka Vespa PTS 100 memiliki emblem bertuliskan 100 Special serta emblem P100TS yang terletak di bagian bawah box bagasi.
Selain itu, Vespa PTS 100 juga memiliki speedometer yang bisa mencapai angka 120 km per jam. Varian yang dirilis sebelum tahun 1980-an menggunakan tutup kunci stang dengan desain bulat.