Instagram Hentikan Live Shopping pada 16 Maret ini, Akan Fokus pada Ads

Live Shopping
Ilustrasi Instagram. Image: Pixabay

RAKCER.ID – Meta sedang bersiap-siap untuk “tahun efisiensi” di tahun 2023. Meta telah resmi mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan layanan live shopping di Instagram, menyusul penutupan serupa di Facebook.

Mulai tanggal 16 Maret 2023, pengguna Instagram tidak lagi dapat menandai produk saat melakukan siaran langsung – fitur yang telah tersedia secara luas untuk bisnis dan kreator di Amerika Serikat sejak tahun 2020.

Instagram tidak memberikan keterangan lebih jelas mengenai alasan ditutupnya layanan live shopping ini, tapi dalam halaman dukungan perusahaan, Instagram menyebutkan, “Mulai tanggal 16 Maret 2023, Anda tidak lagi dapat menandai produk dalam siaran langsung di Instagram. Perubahan ini akan membantu kami untuk fokus pada produk dan fitur yang memberikan nilai terbaik bagi para pengguna.”

Baca JugaIAIN Cirebon Tertibkan Para Pegawai, Ini Alasan Utamanya5 Rekomendasi Platform Yang Menjual Parfume Black Opium Dengan Harga Murah

Melalui keterangan singkat yang diberikan Instagram melalui halaman supportnya menegaskan bahwa konten kreator atau penjual di instagram masih dapat melakukan livestreaming, namun sudah tidak dapat memberikan tag, nama, dan harga produk pada sesi livestreaming.

Mengapa Instagram Membunuh Fitur Live Shopping

Banyak hal telah berubah dengan cepat pasca pandemi. Situasi ekonomi yang sulit saat ini memaksa perusahaan-perusahaan teknologi raksasa untuk mengurangi pengeluaran mereka. Perusahaan raksasa seperti Meta memangkas fitur-fitur mereka, termasuk opsi belanja online.

Baca Juga4 Cara yang Harus Kamu Tahu Untuk Mengenal Seorang IntrovertRidwan Kamil Bergabung ke Golkar, DPD Golkar Majalengka: Bakal Kembalikan Kejayaan Masa Lalu

Faktanya, Engadget mencatat bahwa Facebook telah menghapus opsi Live Shopping pada bulan Oktober lalu. Dan setelah beberapa bulan, Instagram mengikuti langkah yang sama.

Jadi sepertinya Meta ingin memusatkan perhatiannya pada fitur-fitur inti dari aplikasi berbagi video dan foto.

Simak terus RAKCER.ID untuk artikel seputar tech selanjutnya. *

Kirim Komentar