Jaga Lingkungan, PCNU Kabupaten Cirebon Bentuk ini…

pcnu kabupaten cirebon
JAGA LINGKUNGAN. PCNU Kabupaten Cirebon mempersiapkan petugas khusus yang akan membersihkan sampah sisa peringatan Harlah satu abad NU. Foto : Zezen Zainudin Ali/Rakyat Cirebon

 

RAKCER.ID – Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan dilaksanakan oleh PCNU Kabupaten Cirebon diprediksi akan dibanjiri pengunjung. Pasalnya, akan dihadiri oleh Habib Syekh dan dipastikan akan menyisakan banyak sampah.

PCNU Kabupaten Cirebon pun menyadari itu. Makanya, dibentuklah relawan sapu bersih yang akan standby di stadion. Personilnya sebanyak 35 orang. Mereka dimandatkan untuk menangani sampah di acara puncak Harlah Satu Abad NU.

Sekretaris Panitia Harlah Satu Abad NU Kabupaten Cirebon, Masyhari menjelaskan pembentukan relawan sapu bersih ini, bentuk komitmen PCNU Kabupaten Cirebon dalam menjaga lingkungan. Relawan ini pun sekaligus kampanye nyata dari NU atas kronisnya persoalan sampah di daerah.

Baca JugaMahasiswa ITEKES Mahardika Cirebon Juara Paku Bumi Open International ChampionshipAnggaran Tahun 2023 Berbasis Pemberdayaan, Bupati Majalengka: Anggaran Harus Prorakyat

Makanya, tim sapu bersih pun tidak membatasi personil. Artinya, masyarakat umum maupun aktivis peduli lingkungan juga dapat bergabung menjadi Relawan Sapu Bersih melalui LPBI PCNU Kabupaten Cirebon.

Bahkan, pihaknya juga menyiapkan kantong sampah di areal Stadion Ranggajati sebagai langkah preventif untuk mengajak masyarakat mengumpulkan sampah yang dihasilkannya saat kegiatan tersebut.

Baca JugaIni Link Tempat Nonton Drakor The Glory Season 1Biaya Perjalanan Ibadah Haji Naik, Calon Haji Majalengka Belum Ada yang Mundur

Karenanya, ribuan warga Nahdliyin dari Kabupaten Cirebon dan sekitarnya yang diperkirakan hadir dalam puncak peringatan diimbau untuk menjaga kebersihan dan ketertiban dari awal hingga berakhirnya acara.

“Kami ingin menerapkan zero waste dalam acara NU Kabupaten Cirebon Bersholawat, sehingga menyiapkan Relawan Sapu Bersih sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Masyhari.

Ia menyampaikan, penanganan sampah dalam kegiatan itu bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, tetapi akan difokuskan di luar areal Stadion Ranggajati.

Baca JugaKesulitan Berbicara Didepan Umum? Sering Terlihat Gugup Pada Saat Presentasi? 5 Cara Dasar Public Speaking yang Wajib Anda TahuPermohonan Dispensasi Nikah Bawah Umur di Kota Cirebon Minim, Ternyata Begini Penyebabnya

Sementara sampah di dalam Stadion bakal ditangani para Relawan Sapu Bersih LPBI PCNU Kabupaten Cirebon yang pada momen Harlah Satu Abad NU kali ini berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Adapun untuk rangkaian Harlah Satu Abad NU di Kabupaten Cirebon juga disertai penanaman 1000 pohon di PCNU Kabupaten Cirebon, serta beragam kegiatan lainnya yang sudah digelar sejak 16 Januari 2023. (zen)

Kirim Komentar