Konsepsi Tanda-Tanda Kiamat Menurut Islam

Konsepsi Tanda-Tanda Kiamat Menurut Islam
Konsepsi Tanda-Tanda Kiamat Menurut Islam Ilustrasi Foto/Pixabay

RAKCER.ID- Hari kiamat merupakan rahasia Allah, tidak ada makhluk yang mengetahuinya. Bahkan, Nabi dan rasul hanya dapat memberikan Tanda-Tanda Kiamat digambarkan sebagai kehancuran segala yang ada di dunia, semua makhluk akan mati kecuali memang yang dikehendakiNya untuk tetap hidup.

Kehancuran total yang terjadi di alam ini, secara logika bukanlah suatu peristiwa yang mustahil. Para pakar ilmu alam telah sepakat bahwa segala maujud yang ada pasti memiliki batas akhir keberadaannya masing-masing. seperti halnya Konsepsi Tanda-Tanda Kiamat yang belakangan ini sering dikaitkan dengan Hijaunya Jazirah Arab.

Konsepsi Tanda-Tanda Kiamat Menurut Islam

Percaya kepada hari kiamat termasuk dalam rukun iman kelima. Umat muslim wajib mempercayai datangnya hari akhir. Allah SWT bahkan telah menjelaskan Tanda-Tanda Kiamat lewat beberapa ayat Al-Quran. Dalam al-A‟rāf/7: 187 Allah Swt berfirman yang artinya.

Baca Juga107 Aset Sunjaya Disita KPK, Mulai Mobil Mewah, Lahan, Bangunan sampai GedungKeunggulan Honda BeAT 2023, Keren Bisa Charger HP di Motor

“Mereka bertanya kepadamu tentang kiamat: “Kapankah terjadinya?” Katakan: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah milik Tuhanku; tidak ada seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya. Kiamat itu sangat berat huru haranya bagi makhluk langit dan bumi. Kiamat tidak akan datang kecuali dengan tiba-tiba”. mereka bertanya seolah-olah kamu sangat mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah disisi Allah, tetapi kebanyakan dari manusia tidak Mengetahuinya”.(QS. al-A‟rāf/7: 187).

Ayat ini menjelaskan bahwa pertanyaan  Kiamat di masa Nabi Muhammad Saw sudah muncul, mereka memaksa untuk diberitahu perihal waktu kedatangnya, kemudian ditegaskan bahwa hal itu mutlak menjadi urusan Allah Swt.

Baca JugaKirim 83 Atlet, Taekwondo Kota Cirebon Raih 57 Medali di ITN Open VITahap Pencocokan dan Penelitian Muncul Beberapa Masalah, Bawaslu: Masyarakat Harus Proaktif

Kiamat akan datang secara tiba-tiba, maka tidak dapat diprediksikan dengan pasti. Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw bersabda yang Artinya :“(Jarak) diutusnya aku dengan hari kiamat seperti dua jari ini.” Beliau memberikan isyarat dengan kedua jarinya (jari telunjuk dan jari tengahnya), lalu merenggangkannya.”( HR. Bukhori Juz 5 : 6138, dan Muslim Juz 2 : 867).

Kemudian dipertegas lagi melalui hadist Nabi lainnya yang artinya:“Lima hal yang hanya diketahui oleh Allah Swt”. Selanjutnya Rasulullah Saw membaca Surah Luqman ayat 34 :

Artinya: “Sesungguhnya hanya disisi Allah ilmu tentang hari kiamat, dan Dia yang menurunkan hujan,dan mengetahui apa yang ada didalam rahim.dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. dan tidak seorang pun yang dapat mengetahui dibumi mana ia akan mati. sungguh Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS.Luqman/31: 34).

Kirim Komentar