SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sekda Kuningan Terima Kunjungan Tim Ombudsman

tim ombudsman
DITERIMA. Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar menerima tim Ombudsman RI di ruang rapat Linggajati Setda, Kamis 11 mei 2023. /rakcer.id/aleh malik

RAKCER.ID – Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar, MSi menerima Tim Ombudsman RI perwakilan Jawa Barat di ruang rapat Linggajati Setda, Kamis 11 Mei 2023.

Tim Ombudsman dipimpin langsung Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Noer Adhe Purnama, terkait pendampingan dan penilaian penyelenggaraan publik oleh Ombudsman RI perwakilan Jawa Barat.

Di awal pembukaannya Sekda Dian terlebih dahulu mengucapkan selamat datang kepada jajaran tim Ombudsman RI perwakilan Jawa Barat.

Baca JugaWajib Tahu! Penjelasan Mengenai Konsekuensi Zhihar Dalam IslamWajib Tahu! 7 Tips Persiapan Motor Sebelum Mudik Lebaran agar Aman Terkendali

Dia berharap kehadiran Ombudsman di Kuningan dapat dijadikan momentum dan ikhtiar dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan public, juga memberikan pencerahan atas kualitas pelayanan dari waktu ke waktu.

Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah menurut sekda dapat memperkuat demokrasi dan hak azasi manusia, serta mendorong dalam memakmurkan ekonomi kerakyatan dan mendorong dalam penurunan angka kemiskinan.

Baca Juga10 Tips Untuk Sukses Dalam Menjalankan Bisnis di Usia MudaWajib Tahu! 9 Cara Membuat Bau Mulut Menjadi Wangi

Harus ada kepercayaan masyarakat pada pelayanan publik yang transparan, efektif dan efisien dalam menunjang keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Trasparansi dilaksanakan dalam bentuk program kegiatan yang betul sesuai dengan peraturan dan koridor yang berlaku, karena di era keterbukaan publik ini baik kritik, saran dan aduan masyarakat dapat diterima dengan mudah sekali.

“Maka penyelenggara pelayanan publik dituntut cepat tanggap dalam merespon permintaan dari masyarakat. Sebagai contoh dalam pelayanan dasar guna untuk mewujudkan pemerintahan yang good governance,” terang Dian.

Baca JugaInsidious 5 Tayang Juli, Pasti MenegangkanBuruan Daftar! Lowongan Kerja Baznas Provinsi Jawa Barat 2023

Pihaknya menyadari pelayanan publik di Kuningan harus diperbaiki, terlebih tuntutan masyarakat begitu tegas maka pelayanan harus tepat dan cepat dan berkualitas direspon.

Kunjungan Ombudsman menurut Dian sangat tepat dan bermanfaat dan memperoleh masukan yang konstruktif, dan dijadikan acuan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Tim Ombudsman Tekankan Perencanaan Pelayanan Publik

Sementara itu, Ombudsman RI Jabarmenilai pelayanan publik harus diawali perencanaan yang terstruktur dengan program pendampingan sebelum penilaian, pada saat penilaian dan evaluasi setelah penilaian.

Baca JugaIni Dia Bruno Fernandes yang jadi Pahlawan Bagi MU, Saat MU vs Aston Villa5 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dollar Rendah?

Penilaian pelayanan publik ini merupakan salah satu program prioritas nasional, yang diharapkan dapat mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan kualitas pelayanan public.

Baik dari pemenuhan standar pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara layanan dan pengelolaan pengaduan.

Kirim Komentar