Bawaslu Tambah Wawasan Saksi Parpol, Cegah Kecurangan Pemilu

Bawaslu Tambah Wawasan Saksi Parpol, Cegah Kecurangan Pemilu
Bawaslu Kabupaten Cirebon menggelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon membekali ribuan saksi dari partai politik (Parpol), Rabu (7/2). Itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pembekalan dibalut dengan kegiatan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Cirebon, digelar di dua titik. Yakni di Gedung PGRI dan PCNU Kabupaten Cirebon. Disetiap titiknya pelatihan saksi dilakukan dua season.

“Pesertanya dari setiap parpol. Mereka mengirimkan 40 peserta. Dalam satu season ada 160 peserta,” kata Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Cirebon, Rudi Hartono.

Baca Juga:Pemkab Cirebon Terima Praktik Kerja Lapangan 16 Taruna STTDKantongi Keterangan ESDM, Pemilik Pertambangan: Kami Tak Perjualbelikan Material Urugan

“Dengan adanya pelaksanaan pelatihan ini, pada¬† pemungutan dan penghitungan suara nanti tidak terjadi kecurangan,” lanjutnya.

Ia berharap, dalam proses pelaksanaan Pemilu 2024 yang bakal digelar 14 Februari 2024, bisa berjalan dengan baik, sesuai aturan yang berlaku.

Ia melanjutkan, pelaksanaan pesta demokrasi tinggal beberapa hari lagi. Maka, pihaknya wajib mengadakan kegiatan tersebut.

Rudi juga menjelaskan, tujuan pelatihan tersebut untuk menambah wawasan dan kapasitas para saksi agar dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar.

“Supaya para saksi mengetahui apa saja peran, kewajiban, tugas, dan apa saja yang harus dikerjakan oleh saksi,” katanya.

Ia juga menuturkan poin-poin yang harus dilaksanakan para saksi dalam pelaksanaan pemungutan suara yaitu, memastikan tidak ada kecurangan, memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Para saksi harus memastikan tidak ada manipulasi atau penggelembungan suara,” pungkasnya. (*)

0 Komentar