Jika kita membawa mobil, majukan mobil kita sampai ke depan pintu hotel atau lobi ya. Biasanya nanti sudah ada valet yang siap memarkirkan mobil kita.
Untuk layanan ini biasanya ada biayanya atau bahkan gratis, tergantung kebijakan hotelnya.
Namun, jika tidak ada maka kita parker sendiri.
- Welcome Drink
Begitu memasuki lobi hotel, biasanya kita akan disambut oleh welcome drink yaitu sambutan dari hotel dengan memberikan minuman gratis. Bisa berupa jus, jamu, atau wine, atau minuman lainnya.
Baca Juga:3 Cara Pesan Pizza Hut di Tempat Bagi Pemula, Ternyata Mudah dan Tidak RibetTutorial 4 Cara Mengirim Barang Lewat JNE, Ternyata Gampang
Namun tidak semua hotel ya, hanya beberapa hotel yang menyediakan layanan ini.
- Resepsionis atau front office
Selanjutnya, cara check-in di hotel berbintang yaitu menuju ke resepsionis. Setelah masuk lobi segera dekati meja resepsionis, nanti akan ada petugas menyapa.
Jika kita belum melakukan booking atau reservasi, bilang saja ke petugas bahwa kita ingin check-in.
Nanti petugas akan bertanya untuk berapa orang, lalu petugas akan menjelaskan tipe-tipe kamar yang tersedia.
Masing-masing tipe kamar memiliki harga dan fasilitas atau layanan yang berbeda.
Hotel berbintang biasanya memiliki beberapa fasilitas mewah seperti: spa, fitness, launch, business center, bar, restaurant, kolam renang, dan lain-lain.
Tanyakan pada petugas, apakah itu semua gratis atau berbayar, dan jangan lupa tanya juga di mana lokasi fasilitas tersebut berada.
Hotel berbintang juga menyediakan sarapan atau breakfast gratis loh.
Baca Juga:6 Tutorial Cara Pesan KFC di Tempat, Ternyata Simpel dan Sangat Mudah8 Tutorial Cara Pesan McDonald’s, Ternyata Mudah
Ada beberapa hotel yang mengizinkan kita untuk melihat keadaan kamar dulu ya, dan jika kita setuju untuk check-in, nanti petugas akan meminjam kartu identitas kita.
Misalnya KTP, SIM, dan paspor.
- Pembayaran
Berikutnya, cara check-in di hotel berbintang adalah membayar. Untuk pembayarannya biasanya di awal saat kita check-in.
Ada juga beberapa hotel yang meminta kita untuk membayar deposit atau uang jaminan dengan jumlah biaya tertentu. Besarnya deposit berbeda-beda setiap hotel.
Hal ini untuk jaminan jika terjadi kerusakan fasilitas pada hotel atau penggunaan fasilitas hotel, misalnya minibar, service room, laundry dan lain-lain.
Jika tidak ada kerusakan dan kita tidak memakai fasilitas tambahan, nanti uang akan dikembalikan pada saat kita check-out.