4 Manfaat Santan untuk Kesehatan, dengan Takaran yang Cukup

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan, dengan Takaran yang Cukup
4 Manfaat Santan untuk Kesehatan, dengan Takaran yang Cukup Foto/Pixabay
0 Komentar

RAKCER.ID- Santan menjadi salah satu bahan masak yang cukup populer, khususnya di Asia. Meskipun dapat menambah cita rasa pada makanan, tetapi santan kerap dianggap menjadi pemicu kolesterol tinggi. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat,  bisa merasakan berbagai manfaat dari bahan masakan ini.

Manfaat Santan untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Kolesterol Baik

Mengonsumsi makanan yang diolah, ternyata mampu membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dalam tubuh.Dengan meningkatkan jumlah HDL, maka bisa menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) dalam tubuh. LDL yang tinggi berkaitan dengan penyakit kolesterol  dan gangguan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

Banyak yang masih menganggap jika tidak bagus untuk jantung sebab kadar lemaknya yang cukup tinggi dan berpotensi meningkatkan kolesterol. Padahal berdasarkan salah satu studi pada jurnal Nutrition and Metabolism Research, justru santan efektif dalam menjaga kadar kolesterol baik pada darah.

Baca Juga:5 Inspirasi Dekorasi Akad Nikah Sederhana, Terkesan mewah7 Tanda Ciri-Ciri Stres Berat, Jangan Anggap Sepele

Yang berarti, mengkonsumsi santan secukupnya dapat membantu terhindar dari penyakit pembuluh darah dan jantung serta stroke. Tetapi, pastikan  tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

  1. Menjaga Fungsi Otak

Jika ingin memaksimalkan fungsi otak, dapat memperoleh manfaat tersebut dengan cara mengkonsumsinya. Terdapat kandungan yang  memiliki asam lemak rantai sedang yang mudah diserap hati dan diubah jadi keton. Harus tahu jika keton diperlukan menjadi energi yang penting bagi otak.

Tidak hanya itu, keton bermanfaat untuk orang-orang yang mempunyai gangguan ingatan seperti Alzheimer. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam santan ini bagus menjadi sumber energi otak. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan tertentu.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menariknya lagi, manfaat ini juga memberikan berupa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya kandungan antioksidan.Bahkan, menurut sebuah penelitian dari Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, kandungan antioksidan pada santan lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi dan susu kambing.

Selain itu, mengandung zat-zat antimikroba dan asam kaprat yang memiliki fungsi antibakteri, antifungi, dan antivirus.Fungsi-fungsi ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai infeksi bakteri dan infeksi virus berbahaya. (*)

0 Komentar