7 Manfaat Air Putih untuk Meningkatkan Energi dan Produktivitas

manfaat air putih
7 Manfaat Air Putih untuk Meningkatkan Energi dan Produktivitas. Image: freepik.com.
0 Komentar

RAKCER.ID – Manfaat air putih sangatlah bervariasi selain hanya untuk menghilangkan rasa haus. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih secara rutin. Air putih menjadi jenis minuman yang terbaik dikonsumsi karena tidak mengandung kalori dan gula, sehingga lebih menyehatkan.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Namun, jika kamu mengalami beberapa kondisi seperti berolahraga, cuaca panas, demam, diare, dan muntah-muntah, maka dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak.

Bagi wanita hamil, disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita yang sedang menyusui sebanyak 3 liter per hari. Dengan rutin mengonsumsi air putih, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga:Manfaat Air Mawar untuk Kulit: Nomor 4 Bermanfaat Mencegah Penuaan DiniTerbukti Menyebabkan Penyakit Serius, Ketahui 6 Efek Begadang Bagi Kesehatan Berikut Ini!

Air putih memiliki berbagai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat air putih yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Air Putih :

1. Mencegah dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka akan terjadi dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, pusing, lelah, dan kulit kering. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, maka tubuh dapat terhindar dari dehidrasi dan memastikan organ-organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Selain itu, manfaat air putih untuk kesehatan juga dapat membantu mengatur suhu tubuh, membersihkan toksin dari tubuh, dan memelihara keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

2. Menjaga suhu tubuh

Manfaat air putih lainnya adalah dapat menjaga suhu tubuh. Ketika suhu tubuh naik, seperti saat kita melakukan olahraga atau berada di lingkungan panas, tubuh akan berkeringat untuk menurunkan suhu tubuh. Ketika kita minum air putih, air akan membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat dan membantu tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh.

Sebaliknya, ketika suhu tubuh turun, seperti saat kita berada di lingkungan yang dingin, minum air putih juga membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dan menghindari risiko hipotermia. Jadi, sangat penting untuk memastikan kita minum cukup air putih untuk membantu menjaga suhu tubuh kita tetap stabil dan sehat.

0 Komentar