Seperti Rumah Siput, Misteri Bangunan Kuno Kuningan Jejak Peninggalan Belanda

bangunan kuno kuningan
Makam Peninggalan Belanda, Situs Van Van Beck. Foto: radarcirebon.disway.id/rakcer.id
0 Komentar

Bangunan makam Van Beck ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang memiliki arsitektur unik dan menarik.

Dengan perpaduan antara bentuk lingkaran, hiasan-hiasan prisma, dan hiasan salib di puncak kubah, bangunan ini menjadi sebuah landmark yang mencuri perhatian.

Situs tersebut saat ini dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten. Van Beck, yang konon merupakan seorang Bangsawan Belanda yang berpengaruh pada masa penjajahan, memiliki makam di tempat tersebut.

Baca Juga:Tetap Berjaga Ketika Wisata! Berikut 9 Tips Mengunjungi Objek Wisata Curug Sidomba KuninganAir Terjun di Bawah Kaki Gunung Ciremai, Berikut Curug Sidomba Kuningan Harga Tiket dan Rute Cepat

Di sekitar makam Van Beck, terdapat beberapa makam orang Eropa lainnya. Menurut penduduk sekitar, selain makam Van Beck, ada juga beberapa makam warga Belanda lainnya yang terletak di sekitar bangunan tersebut.

Diantaranya adalah makam Magdalena dan Lumantow. Dikabarkan bahwa sebagian makam warga Belanda tersebut kini berada di area Koramil Cigugur.

Makam Van Beck memiliki nilai penting dalam hal data sejarah. Saat ini, kondisi makam tersebut masih relatif utuh.

Namun, mengingat lokasinya yang berada di tepi jalan raya, dikhawatirkan bahwa objek ini dapat terkena dampak perkembangan zaman dan kemungkinan terjadi kerusakan atau pengaruh negatif pada situs tersebut.

Sebagai sebuah situs bersejarah, bangunan ini menceritakan kisah masa lalu dan perjalanan hubungan antara Belanda dan daerah ini pada masa penjajahan.

Keberadaannya sebagai bagian dari warisan sejarah memperkaya pemahaman kita tentang masa lalu dan perjalanan budaya di Kabupaten Kuningan.

0 Komentar