Geopark Ciletuh Nih! Menyatu dengan Keindahan dan Keunikan Alam Sukabumi

Geopark Ciletuh
Wisata kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

RAKCER.ID – Geopark Ciletuh merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di Sukabumi, Jawa Barat dengan beragam wisata alam yang indah.

Kawasan ini tidak hanya menyuguhkan pesona alam yang memukau, tetapi juga memiliki konsep manajemen pengembangan berkelanjutan yang menggabungkan keragaman geologi, hayati, dan budaya.

Inilah yang membuat Geopark Ciletuh menjadi destinasi yang menarik bagi para pecinta alam dan penikmat keindahan alam.

Baca Juga:Wisata Curug Cimarinjung Sukabumi, Mengungkap Sejarah dan Misteri yang MenarikMengungkap Keberagaman Jalur Trekking menuju Curug Cimarinjung di Sukabumi

Berikut Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

1. Konsep Geopark

Geopark adalah konsep manajemen pengembangan kawasan yang berkelanjutan. Geopark Ciletuh merupakan wilayah geografis yang memiliki situs warisan geologi terkemuka dan menjadi bagian dari

konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan yang berkelanjutan. Konsep ini memungkinkan kawasan tersebut menjadi wahana edukasi dan konservasi sumber daya alam yang penting untuk keberlanjutan lingkungan.

2. Keindahan dan Objek Wisata di Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh menyimpan kekayaan objek wisata yang memikat hati para pengunjung. Di antaranya, terdapat Desa Wisata Hanjeli, Curug Sodong, Pantai Geopark Ciletuh, Pantai Karang Para, dan Curug Cimarinjung.

Setiap destinasi menawarkan daya tarik unik, mulai dari keindahan pantai hingga pesona air terjun yang memukau.

Berjalan-jalan di kawasan Geopark Ciletuh akan membawa Anda menyelami keajaiban alam yang mengagumkan.

3. Penghargaan Sebagai Geopark Nasional

Geopark Ciletuh telah mendapatkan pengakuan atas keunikan dan keindahannya. Kawasan ini berhasil meraih sertifikat sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sertifikasi ini merupakan bukti bahwa Geopark Ciletuh telah memenuhi persyaratan sebagai taman bumi atau geopark yang berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

Baca Juga:Waktu Trekking yang Menantang! Berpetualang ke Keajaiban Curug Cimarinjung SukabumiWisata Curug Cimarinjung Menyelami Keindahan Air Terjun dalam Pelukan Geopark Ciletuh

4. Akses dan Kemudahan

Geopark Ciletuh dapat dijangkau dengan mudah dari Kota Sukabumi. Terdapat jalur trekking yang dapat diikuti untuk mencapai beberapa objek wisata di dalam kawasan Geopark Ciletuh.

Bagi para petualang, jalur trekking ini memberikan tantangan ekstra sekaligus memungkinkan mereka merasakan pesona alam secara lebih dekat.

Selain itu, terdapat juga akses jalan raya yang memudahkan para pengunjung untuk mengakses objek wisata di dalam kawasan Geopark Ciletuh.

Geopark Ciletuh adalah tempat di mana Anda dapat menyatu dengan keindahan dan keunikan alam Sukabumi.

0 Komentar