Pengunjung global ke situs web Character.AI mengalami penurunan sebesar 32 persen dari bulan ke bulan, meskipun lalu lintasnya masih meningkat secara signifikan dari tahun sebelumnya di bulan Juni 2022, saat platform tersebut baru diluncurkan.
Diluncurkan pada November 2022, ChatGPT dari OpenAI berhasil mendapatkan 100 juta pengguna aktif bulanan pada Januari 2023, menjadikannya salah satu aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat.
Sam Altman, CEO OpenAI, menyebut biaya operasional untuk layanan yang sebagian besar gratis ini sebagai “membasahi mata,” dengan perkiraan eksternal menunjukkan biaya sekitar USD 700.000 per hari.
Baca Juga:Big Match! Belanda vs Portugal di Piala Dunia Wanita 2023Prediksi Swedia vs Afrika Selatan di Piala Dunia Wanita 2023: Siapa yang Bakal Menang?
Pendapatan utama untuk ChatGPT berasal dari biaya langganan yang diperlukan untuk mengakses versi terbaru dan lebih cepat. Pelanggan berlangganan memiliki akses ke GPT-4, sedangkan pengguna gratis hanya dapat menggunakan GPT-3.5. Meski demikian, model bisnis ini memunculkan pertanyaan, mengingat pengguna dapat menggunakan GPT-4 secara gratis melalui Microsoft Bing.
Selain itu, OpenAI juga memberikan akses ke API dari versi perangkat lunaknya yang dapat diadaptasi secara lebih mendalam untuk perusahaan teknologi dan perusahaan korporat lainnya.
Similarweb juga mencatat bahwa lalu lintas ke situs web pengembang platform.openai.com mengalami kenaikan sebesar 3,1 persen dari Mei hingga Juni.
Temukan berita dan artikel menarik lainnya di Google News.