Basic Skincare untuk Pemula: Apa Saja yang Perlu Kamu Ketahui?

basic skincare untuk pemula
Memakai Basic Skincare/Foto: freepik.com/RAKCER.ID
0 Komentar

Langkah ini dilakukan untuk membersihkan sisa kotoran yang bersifat water-based (berbahan dasar air) dari kulit wajah, seperti keringat, debu, dan bakteri. Kamu bisa menggunakan produk facial wash yang sesuai dengan jenis kulit kamu, dan mengandung pH rendah untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Basahi wajah dengan air, lalu usapkan facial wash secara merata dengan gerakan memutar. Bilas dengan air bersih, dan keringkan wajah dengan handuk bersih.

3. Menggunakan Toner

Langkah ini dilakukan untuk menyeimbangkan pH kulit wajah yang mungkin terganggu akibat proses pembersihan. Selain itu, toner juga berfungsi untuk menghidrasi, menenangkan, dan menyiapkan kulit wajah untuk menerima produk skincare selanjutnya.

Baca Juga:Skincare untuk Remaja: 4 Tips dan 5 Rekomendasi ProdukSkincare untuk Bruntusan: Penyebab, Tips, dan 5 Rekomendasi Produk

Kamu bisa menggunakan produk toner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu. Tuangkan toner secukupnya ke kapas atau tangan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh wajah dengan lembut.

4. Menggunakan Serum

Langkah ini dilakukan untuk memberikan nutrisi dan perawatan khusus pada kulit wajah, sesuai dengan masalah kulit yang kamu miliki.

Serum mengandung bahan aktif yang tinggi, seperti vitamin, antioksidan, retinol, dan lainnya, yang dapat membantu mencerahkan, mengencangkan, menghaluskan, atau menyamarkan noda pada kulit wajah.

Kamu bisa menggunakan produk serum yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu. Teteskan serum secukupnya ke tangan, lalu usapkan ke seluruh wajah dengan lembut.

5. Menggunakan Pelembab

Langkah ini dilakukan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah, serta melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan.

Pelembab juga dapat membantu mengunci manfaat dari produk skincare sebelumnya agar tidak hilang. Kamu bisa menggunakan produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Ambil pelembab secukupnya, lalu usapkan ke seluruh wajah dengan lembut.

6. Menggunakan Tabir Surya

Langkah ini dilakukan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit kusam, flek hitam, keriput, bahkan kanker kulit. Tabir surya juga dapat membantu mencegah terjadinya dark spot atau bekas jerawat yang semakin menghitam.

Baca Juga:6 Urutan Memakai Skincare Malam yang Benar, Lakukan dengan Rutin Kulit Auto Sehat dan Glowing5 Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi, Bikin Kulit Makin Sehat dan Terawat

Kamu bisa menggunakan produk tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit kamu, dan memiliki SPF minimal 30. Oleskan tabir surya secara merata ke seluruh wajah, setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ulangi penggunaan tabir surya setiap 2-3 jam jika kamu banyak berkeringat atau berenang.

0 Komentar