Mengeluarkan bau busuk, 5 Fakta Unik Ular Kisik, Jenis Ular yang Sering Kita Lihat 

Mengeluarkan bau busuk, 5 Fakta Unik Ular Kisik, Jenis Ular yang Sering Kita Lihat 
Ular kisik Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta Unik Ular Kisik, Mengingat ular membantu membasmi hama seperti tikus, burung, dan serangga, dapat dikatakan bahwa ular adalah sahabat petani. Reptil tak berkaki ini hidup di berbagai lingkungan, termasuk sawah, kebun, dan hutan.

Setiap spesies berbeda dalam ukuran, nutrisi, pola, dan cara hidup. Nah, Xenochrophis vittatus atau yang sering disebut dengan ular kisik merupakan salah satu dari sekian banyak ular yang sering terlihat di sawah.

Karena ukurannya yang kecil, ular ini dapat merayap dengan lincah di antara rerumputan dan padi dan paling sering terlihat di sawah.

Tubuhnya bergaris-garis hitam dan coklat sehingga mudah dikenali.

Baca Juga:Kamu Suka Masakan Ayam Dengan Rasa Pedas yang Membakar Lidah? Cobailah, 5 Ayam Pedas Khas IndonesiaSangat Mahal, 5 Jenis Ikan Koi yang Memiliki Harga Sangat Mahal, Apakah Kamu Tertarik ?

Reptil ini, meskipun tidak berbahaya, merupakan sumber kegelisahan dan hiburan bagi banyak orang.

1. Punya tubuh bergaris berukuran kecil

Panjang terbesar ular yang mengular hanya 50–70 cm, cukup pendek dibandingkan ular lain di lingkungan alaminya.

Akibatnya, sering berakhir berfungsi sebagai makanan utama untuk berbagai predator, termasuk ular yang lebih besar, burung hantu, elang, serangga air, kucing hutan, dan memantau kadal.

Namun, ular kisik kadang-kadang bisa masuk melalui lubang kecil, seperti lubang atau ruang di antara batu atau tanaman, karena ukurannya yang kecil.

Ular ini berukuran kecil, namun mudah dikenali.

Garis hitam panjang yang memanjang dari leher hingga ekor dan garis coklat keemasan adalah dua ciri yang membedakannya.

Bagian bawah tubuhnya berwarna putih dengan banyak garis hitam. Tengkoraknya kecil dan memiliki garis-garis hitam di sisi putih dan bagian atas berwarna hitam.

Yang terakhir, tubuhnya tipis dan sisiknya memiliki tepi yang runcing sehingga memberikan kesan kasar.

2. Berkerabat dengan ular berbisa tinggi seperti ular picung

Baca Juga:Jarang Ditemukan, 5 Jenis Bunga yang Langka dan Unik, Tidak Bisa Ditemukan Di Tempat Lain Sangat Populer Sekali, 5 Jenis Burung Kicau Kecil, Ada yang Populer Sebagai Burung Kicau 

Keluarga Colubridae, dan lebih khusus lagi subfamili Natricinae, merupakan tempat klasifikasi ular kisik itu sendiri.

Subfamili ular Natricinae terkenal dengan sisiknya yang kasar dan berbentuk lunas, terutama pada spesies Asia.

Mayoritas Natricinae adalah ular semi-akuatik kecil yang tidak berbahaya, namun spesies tertentu berbahaya dan harus dihindari.

Klasifikasi ini menghubungkan ular dengan sejumlah spesies lain, termasuk Rhabdophis subminiatus (ular babi) yang sangat berbisa dan berbahaya serta Fowlea melanzostus (ular macan air) endemik Indonesia.

0 Komentar