Integrasi dengan E-commerce
TikTok telah berhasil mengintegrasikan fitur belanja, seperti TikTok Shop. Halbini memungkinkan kreator untuk menjual produk secara langsung dalam video atau saat live streaming, mengubah platform hiburan menjadi social commerce yang efektif dan menarik bagi mereka dan pebisnis.
Menjadi Sumber Pendapatan
Selain menjadi platform hiburan, TikTok juga bisa menjadi sumber pendapatan baik bagi kreator maupun pemilik bisnis. Sumber pendapatan yang bisa dihasilkan oleh kreator berupa monetisasi, kerja sama dengan merek, hadiah virtual atau sistem afiliasi.
Sedangkan bagi pemilik bisnis, TikTok bisa menjadi salah satu media pemasaran digital yang bisa membantu meningkatkan penjualan yang efektif dan efisien.
Baca Juga:Gerakan "Fitness Influencer": Antara Motivasi dan Tekanan untuk Terlihat SempurnaJejak Karbon Digital: Dampak Tersembunyi dari Kehidupan Daring Kita
Dampak pada Platform Lain
Pertumbuhan TikTok yang masif memaksa platform media sosial lain untuk beradaptasi, terutama dalam hal format video pendek.
Instagram meluncurkan Reels, YouTube memperkenalkan YouTube Short, dan bahkan Facebook juga mengadopsi format serupa.
Hal ini menunjukkan bahwa model konten video pendek TikTok telah m njadi standar baru yang harus diikuti oleh para pesaingnya.
Meskipun TikTok menghadapi tantangan seperti isu regulasi dan persaingan, posisinya sebagai platform dengan pertumbuhan tercepat tetap kokoh karena kemampuannya untuk berinovasi dan memenuhi keinginan pengguna akan konten yang otentik, cepat, dan sangat profesional.(*)