RAKCER.ID – Optimisasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran mesin pencari (SEM) atau biasa dikenal dengan Google Adwords adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian.
Namun, mereka bukanlah hal yang sama. Meskipun keduanya ditujukan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin telusur, keduanya adalah dua strategi berbeda dengan pendekatan dan tujuan berbeda.
Apa itu SEO?
SEO adalah proses mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan visibilitas dan peringkatnya di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.
Baca Juga:Honda Beat 2023, Fitur Baru dengan Desain yang Lebih Futuristik dan Sporty!Kantor Pos Indonesia, 5 Cara Mudah Kirim Barang atau Surat
Tujuan SEO adalah untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk kata kunci yang relevan.
SEO melibatkan berbagai taktik dan teknik, termasuk penelitian kata kunci, pengoptimalan pada halaman, pembuatan tautan, dan pemasaran konten.
Tujuan akhir dari strategi ini adalah membuat situs web lebih menarik bagi mesin pencari dan pengguna dengan menyediakan konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan permintaan pencarian pengguna dan menjawab pertanyaan mereka.
SEO adalah strategi jangka panjang yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Butuh waktu untuk melihat hasilnya, dan prosesnya sedang berlangsung karena mesin pencari terus memperbarui algoritma dan faktor peringkat mereka.
Apa itu SEM?
SEM, di sisi lain, adalah istilah yang lebih luas yang mengacu pada strategi pemasaran apa pun yang melibatkan iklan berbayar di mesin pencari.
Tujuan SEM adalah untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di mesin pencari dengan menggunakan iklan berbayar.
SEM menyertakan serangkaian opsi iklan berbayar, seperti iklan bayar per klik (PPC), iklan bergambar, dan iklan pemasaran ulang.
Baca Juga:4 Cara Pesan Richeese Factory Langsung di TempatBacaan Sah Niat Shalat Witir dan Sesudah Shalat Witir.
Iklan ini biasanya ditempatkan di bagian atas halaman hasil mesin pencari dan ditargetkan kepada pengguna berdasarkan permintaan pencarian, demografi, dan faktor lainnya.
SEM bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs web, terutama untuk bisnis yang mencari hasil cepat. Namun, itu juga bisa mahal, dan biaya iklan dapat bertambah dengan cepat jika tidak dikelola dengan baik.