AdWords dan SEO, Kenali 3 Ciri Perbedaannya dengan Mudah

Adwords dan SEO, Kenali 3 Ciri Perbedaannya dengan Mudah
Ilustrasi AdWords dan SEO sebagai metode mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Foto: Unsplash

RAKCER.ID – AdWords dan SEO adalah dua strategi yang paling banyak digunakan dalam dunia pemasaran digital. Keduanya adalah metode penting untuk meningkatkan lalu lintas situs web, tetapi keduanya sangat berbeda satu sama lain.

AdWords dan SEO, keduanya dapat digunakan untuk menguntungkan bisnis. AdWords, juga dikenal sebagai Pay-per-Click (PPC), adalah bentuk iklan berbayar. AdWords memungkinkan bisnis membuat dan menampilkan iklan di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk kata kunci tertentu.

Iklan ini ditempatkan di bagian atas atau bawah SERP dan ditandai sebagai “disponsori” atau “iklan”. Saat pengguna mengeklik iklan, bisnis dikenai biaya sejumlah uang.

Baca JugaTari Topeng Sanggar Mimi Rasinah Tampil di Bali, Diiringi Nayaga Cilik dari Siswa SMPN 1 IndramayuBaru! Lowongan Satpol PP 2023, Simak Syarat dan Tahapannya

Sedangkan SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah proses mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari organik (tidak berbayar).

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. SEO melibatkan perubahan pada konten, struktur, dan kode situs web agar lebih relevan dengan kueri penelusuran pengguna.

Baca Juga8 Tempat Ngabuburit di Cirebon Paling Hits, Pemburu Spot Foto Ciamik Wajib Tahu!5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Berikut Ini Perbedaan Adwords dan SEO:

  1. Adwords Berbayar Sedangkan SEO Gratis

Salah satu perbedaan utama antara AdWords dan SEO yaitu AdWords adalah metode periklanan berbayar, sedangkan SEO adalah metode organik untuk mengoptimalkan situs web.

AdWords bisa mahal, tetapi memungkinkan bisnis untuk segera muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Ini dapat bermanfaat bagi bisnis yang baru memulai atau bagi mereka yang ingin meningkatkan lalu lintas situs web mereka dengan cepat.

Namun, begitu anggaran iklan habis, iklan tidak akan muncul lagi, dan lalu lintas akan terhenti.

Baca JugaBaru! Lowongan Satpol PP 2023, Simak Syarat dan TahapannyaLucky Hakim Antar Sendiri Surat Pengunduran Diri ke DPRD Indramayu, Sekwan: Sah!

  1. Adwords Berjangka Waktu Sedangkan SEO Jangka Panjang

SEO, di sisi lain, adalah strategi jangka panjang. Mungkin perlu waktu untuk melihat hasilnya, tetapi hasilnya berkelanjutan dan dapat terus menguntungkan bisnis lama setelah investasi awal.

SEO juga lebih hemat biaya dalam jangka panjang karena situs web dapat diberi peringkat secara organik untuk kata kunci, dan lalu lintasnya gratis.

Namun, persaingan untuk posisi teratas di halaman hasil mesin pencari bisa sangat sengit, dan mungkin membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mencapai peringkat tinggi.

Kirim Komentar