5 Fakta Unik Kapibara, Si Pengerat Terbesar di Dunia yang Cakap Berenang dan Menyelam Hingga 5 Menit

waktu baca 3 menit
Kapibara adalah hewan pengerat yang bisa menyelam selama 5 menit Foto : Pinterest RAKCER.ID

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta unik kapibara, Hydrochoerus hydrochaeris, nama ilmiah kapibara, merupakan hewan pengerat berukuran besar yang masih ditemukan di Bumi, Tidak sulit menemukan makhluk liar yang ramah ini di seluruh Amerika Selatan dan Tengah.

Ini adalah hewan liar, namun beberapa orang Amerika terkadang memeliharanya sebagai hewan peliharaan. Sementara itu, kapibara dipelihara untuk diambil dagingnya di Venezuela.

Lalu fakta unik apa saja yang dimiliki oleh kapibara berikut ini adalah : 5 fakta unik kapibara.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Burung Hering, Si Pemakan Bangkai dan Pembersih yang Sangat Penting  
5 Fakta Menarik Burung Ortolan, Burung yang Mempunyai Kicauan Indah dan Hidup di Tiga Benua

  1. Pengerat terbesar di bumi

Fakta unik kapibara yang pertama yaitu sebagai pengerat terbesar di bumi, Hewan pengerat terbesar yang masih hidup di bumi adalah kapibara.

Hewan ini memiliki tinggi 50 cm dari kaki hingga bahu dan panjangnya bisa mencapai 1,3 meter.

Sedangkan bobotnya berkisar antara 27 hingga 79 kg. Dibandingkan jantan, kapibara betina berukuran lebih kecil.

  1. Perenang yang baik dan cakap

Fakta unik kapibara yang ke 2 adalah hewan ini adalah perenang yang baik dan cakap, Dengan ekornya yang relatif pendek dan sebagian kakinya berselaput, kapibara bersifat semi-akuatik. Tujuan dari ciri fisik ini adalah untuk menjaga keseimbangan kapibara saat berenang. Selain itu, kakinya yang berselaput juga berguna untuk berjalan di medan berlumpur.

Mengingat mereka dapat bertahan di dalam air selama lima menit, kapibara dianggap sebagai perenang yang mahir.

Oleh karena itu, kapibara lebih mudah bersembunyi di bawah air dan menghindari predator Anda sebenarnya bisa bernapas saat tidur di bawah air dengan meletakkan hidung di permukaan air.

  1. Suka berkelompok

Fakta unik kapibara yang ke 3 adalah suka berkelompok, Kapibara juga hidup berkelompok, seperti halnya hewan liar lainnya, Kelompok kapibara biasanya berisi 10-20 hewan per kelompok.

Ada beberapa jantan dan betina muda, jantan dewasa, dan kapibara remaja dalam kelompok tersebut.

Kawanan kapibara akan bertambah besar pada musim kemarau dan berkumpul di dekat sumber air, Kapibara jantan dewasa akan mengambil alih dan mempertahankan kelompoknya.

  1. Memiliki penciuman yang baik

Fakta unik kapibara yang ke 4 adalah memiliki penciuman yang baik, Kapibara sangat baik dalam penciuman karena mereka mempunyai dua jenis penciuman: morillos dan kelenjar anal.

Tinggalkan Balasan