CIREBON, RAKCER.ID – Aplikasi microsoft excel telah berkembang menjadi salah satu program perkantoran yang paling sering digunakan di tempat kerja. Perusahaan bahkan mengamanatkan agar stafnya mahir dalam aplikasi Microsoft ini.
Program spreadsheet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah excel itu sendiri. Excel digunakan oleh jutaan orang dalam berbagai profesi. Meskipun Excel menawarkan banyak kemudahan bagi pengguna dari semua tingkat keahlian, hal ini mungkin terasa sulit bagi pemula pada awalnya.
Berikut adalah 4 cara menggunakan aplikasi microsoft excel untuk pemula:
- Mengenal interface excel
Sebelum kamu menggunakan excel kamu harus mengetahui terlebih dahulu interfacenya. Kemudian buka aplikasi excel sehingga dari situ kamu akan menemukan interface seperti kotak kerja, ribbon, bar formula, serta lembar kerja.
Baca Juga:Cara Menggunakan Aplikasi SPSS yang Benar Bagi PemulaRekomendasi Aplikasi untuk Mengerjakan Soal Matematika yang Paling Mudah
- Menyusun dan mengedit data excel
Kamu bisa mulai menggunakan Excel dengan memasukkan data ke dalam sel lembar kerja. Alamat untuk setiap sel terdiri dari nomor baris dan huruf kolom. Sel-sel ini menerima teks, angka, dan rumus Excel. Cukup klik sel yang ingin Anda edit di Excel, lalu ketik atau ubah data yang diinginkan.
- Menggunakan fungsi rumus excel
Lebih dari 400 fungsi tersedia di Excel, mencakup fungsi matematika, statistik, logika, teks, tanggal, dan waktu. Untuk memanfaatkan fitur ini, masukkan rumus ke dalam sel. Excel akan menambahkan nilai dalam rentang secara otomatis dan memperlihatkan hasilnya.
- Menggunakan format dan gaya di excel
Excel menawarkan beragam pilihan format dan gaya untuk membantu kamu membuat lembar kerja yang terorganisir dengan baik dan menarik secara visual. Untuk mengubah tampilan teks, angka, atau tanggal, kamu dapat mengubah format sel termasuk mengubah warna, font, dan batas.
Selain itu, kamu dapat membuat gaya unik kamu sendiri atau menggunakan gaya yang sudah ada sebelumnya. Gaya dapat digunakan pada sel individual, baris, kolom, atau seluruh lembar kerja. Hal ini memungkinkan kamu menerapkan format yang sama ke berbagai bagian lembar kerja dengan cepat dan konsisten.
Demikianlah inforamsi mengenai cara menggunakan aplikasi microsoft excel untuk pemula. Semoga bermanfaat. (*)