Ternyata Si Merah Mempunyai Manfaat yang Sangat Kaya Sekali, 6 Manfaat Tomat Untuk Kulit

Ternyata Si Merah Mempunyai Manfaat yang Sangat Kaya Sekali, 6 Manfaat Tomat Untuk Kulit
Tomat Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Pasti sudah tidak asing dengan tanaman satu ini bukan?. Selain untuk bahan tambahan masakan ternyata tomat juga mengandung banyak manfaat untuk kulit wajah loh, ada banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesahatan kulit kita.

Tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku inca dan aztek pada tahun 700SM. Penyebaran tomat di Asia disebabkan oleh kedatangan pedagang Spanyol dan Portugis pada abad ke-16. Pada abad ke-18 barulah penyebaran tomat di Indonesia dimulai yang dibawa oleh bangsa Portugis.

Tanaman ini dapat berkembang dengan baik di semua tempat ketinggian, contoh jenis tanaman tomat yang baik di dataran tinggi adalah jenis Varietas Kada, sedangkan jenis yang cocok untuk di dataran rendah adalah Varietas Intan, Varietas Ratna, Varietas LV, dan Varietas CLN.

Baca Juga:Kamu Suka Masakan Ayam Dengan Rasa Pedas yang Membakar Lidah? Cobailah, 5 Ayam Pedas Khas IndonesiaSangat Mahal, 5 Jenis Ikan Koi yang Memiliki Harga Sangat Mahal, Apakah Kamu Tertarik ?

Buah tomat mengandung banyak sekali nutrisi tinggi yang terkandung yaitu antioksidan likopen, Vitamin C, Potasium/kalium, Folat serta Vitamin K. Serta Kandungan senyawa tumbuhan dalam tomat yaitu Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik.

Beberapa manfaat tomat untuk kulit wajah :

1. Merangsang produksi kolagen

Kolagen adalah protein alami yang diproduksi secara alami oleh beberapan bagian tubuh manusia, contohnya tulang, otot, kulit, dan juga tendon.

Vitamin C yang terkandung dalam tomat inilah yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh kita.

2. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Jika kulit wajah memproduksi minyak terlalu berlebihan tentu sangat mengganggu bukan?, selain membuat kulit wajah kita terlihat basah dan lengket, minyak berlebih pada wajah juga dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga akan lebih beresiko mudah berjerawat. Untuk permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membuat campuran 1 sdm tomat dan 1 sdm Fuller Earth.

Fuller Earth (Multani Mitti) adalah salah satu tanah liat yang sangat bermanfaat untuk kecantikan, terutama untuk membersihkan pori-pori wajah.

3. Mencerahkan Kulit

Vitamin C adalah salah satu kandungan yang baik untuk mencerahkan wajah, di dalam tomat terkandung banyak sekali vitamin c serta antioksidan alami.

Mencerahkan kulit wajah bisa dengan cara mengkonsumsi tomat secara langsung ataupun mengubahnya menjadi masker.

0 Komentar