Kamu Baru Memiliki Hamster, 5 Tips Merawat Hamster Bagi Pemula 

Kamu Baru Memiliki Hamster, 5 Tips Merawat Hamster Bagi Pemula 
Hamster Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Tips Merawat Hamster Bagi Pemula, Jika diberi perawatan yang tepat, hamster adalah hewan pengerat kecil yang bisa menjadi sahabat hewan peliharaan yang luar biasa.

Dengan perawatan yang tepat, mereka bisa bertahan hidup hingga 5 tahun meski umurnya hanya 1-2 tahun. Hewan yang hidup di malam hari, hamster suka menggali dan menyimpan makanan.

Hamster Suriah, kadang-kadang dikenal sebagai Hamster Emas, adalah spesies hamster yang paling banyak ditemui.

Baca Juga:Kamu Suka Masakan Ayam Dengan Rasa Pedas yang Membakar Lidah? Cobailah, 5 Ayam Pedas Khas IndonesiaSangat Mahal, 5 Jenis Ikan Koi yang Memiliki Harga Sangat Mahal, Apakah Kamu Tertarik ?

Dua jenis hamster Syria yang disebut dengan jenis hamster beruang adalah yang berbulu pendek dan yang berbulu panjang. Jika Anda baru saja membeli hamster, lalu bagaimana cara merawat hamster bagi pemula ini berikut adalah tipsnya.

1. Kandang hamster

Pilih kandang hamster akrilik atau akuarium daripada kandang kawat. Untuk mencegah penumpukan bau urin, feses, dan makanan basi, kandang harus memiliki ventilasi yang cukup dan menampung minimal 15-20 liter makanan.

Manfaatkan tisu toilet putih polos tanpa pewangi untuk alas tidur, dan gantilah sekali atau dua kali seminggu.

Untuk memastikan hamster Anda sibuk dan tidak bosan, tambahkan mainan seperti terowongan, rumah, jembatan kayu, dan roda pemintal.

Suhu kandang hamster harus antara 18 dan 27 derajat Celcius. Hamster dapat berhibernasi jika suhu turun di bawah 4 derajat Celcius.

2. Menjaga kebersihan hamster

Setiap hari, bersihkan mangkuk minuman dan makanan. Selain itu, pembersihan kandang wajib dilakukan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.

Menjaga kebersihan kandang sangat penting untuk menghindari penyakit pada mata, kulit, dan sistem pernafasan hamster.

Baca Juga:Jarang Ditemukan, 5 Jenis Bunga yang Langka dan Unik, Tidak Bisa Ditemukan Di Tempat Lain Sangat Populer Sekali, 5 Jenis Burung Kicau Kecil, Ada yang Populer Sebagai Burung Kicau 

Sikatlah bulu hamster yang berbulu panjang secara rutin. Hamster tidak perlu mandi dengan sabun dan air karena mereka sering menjaga kebersihannya.

Meskipun beberapa hamster suka mandi pasir, sangat penting untuk membersihkan pasir dari kandangnya setelahnya untuk mencegah iritasi pernafasan.

3. Pola makan hamster

Tidak apa-apa memberi makan hamster dengan makanan seperti pelet atau balok, yang mengandung sekitar 16% protein.

Pelet dan biji-bijian yang dirancang khusus untuk hamster dapat digabungkan; barang-barang ini biasanya ditawarkan secara gratis di toko perlengkapan hewan peliharaan.

0 Komentar