Kontes Bonsai di Indramayu, Ketua DPRD Tawar Rp75 Juta Tetap Tidak Dijual

PEMENANG. Ketua DPRD Indramayu Syaefudin (kanan) menyerahan hadiah kepada pemenang kontes bonsai. Sebanyak 411 tanaman bonsai dipamerkan oleh para penggemar bonsai.
PEMENANG. Ketua DPRD Indramayu Syaefudin (kanan) menyerahan hadiah kepada pemenang kontes bonsai. Sebanyak 411 tanaman bonsai dipamerkan oleh para penggemar bonsai.
0 Komentar

RAKYATCIREBON.ID – Potensi seni bonsai di Kabupaten Indramayu ternyata sangat mengejutkan. Selain banyak pehobinya, juga cukup banyak ragam jenisnya.

Bahkan dari kreativitasnya dapat menghasilkan nilai jual tinggi yang dapat dijadikan sumber perekonomian.

Hal itu terungkap saat digelarnya pameran dan kontes bonsai lokal di Desa Juntikebon, Kecamatan Juntinyuat pada 5-9 Januari 2022.

Baca Juga:Ratusan Siswa SD Semangat Ikut Vaksinasi Covid-19Mengadu ke DPRD, Ketua Komisi III Kecewa

Event yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Indramayu itu sedikitnya ada 411 pohon bonsai yang dipamerkan dan disertakan dalam kontesnya.

Tanaman yang dikerdilkan itu diantaranya jenis Anting Putri, Santigi, Serut, Sisir, Sianci, Loa, Waru, Cemara, Beringin, dan masih banyak lagi lainnya.

Beragam tanaman bonsai itu sangat unik dan sangat artistik, sehingga bernilai seni tinggi dan dibanderol harga mahal.

“Ada salah satu bonsai yang cukup menarik dan bernilai seni tinggi. Tadi saya tawar sampai Rp75 juta, ternyata tidak dijual,” sebut Ketua DPRD Indramayu, H Syaefudin SH saat melihat langsung pameran bonsai tersebut.

Politisi Partai Golkar itu menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Diharapkan pula, kegiatannya bisa diagendakan secara berkala untuk memotivasi para penggemar bonsai agar lebih giat lagi dalam berkarya.

Menurutnya, selain hobi, bonsai ternyata juga bisa menjadi penopang ekonomi. “Indramayu ternyata banyak potensi seni bonsai, dan ini layak untuk dikembangkan,” kata Syaefudin.

Sementara itu, Ketua PBBI Cabang Indramayu, H Tarsiman mengatakan, bonsai di Indonesia memang sangat menarik dibandingkan dari negara lain. Karena Indonesia merupakan wilayah tropis dengan ragam tanaman yang sangat banyak.

Baca Juga:Pataraksa Masih Jadi SorotanBupati Anggap Kritik Kebijakan Hal Lumrah

“Bonsai memang merupakan karya seni bernilai tinggi. Tak heran saat pameran bonsai tingkat nasional di Bali pada tahun 2019, ada bonsai yang harganya mencapai Rp1,2 miliar rupiah,” sebutnya.

Ketua Panitia Pameran dan Kontes Bonsai, Andi Rosidin menambahkan, kegiatan itu sebenarnya lebih merupakan ajang silaturahmi diantara penggemar bonsai di Indramayu dan daerah sekitarnya.

Sebanyak 411 tanaman bonsai yang ditampilkan merupakan kreasi para penggemar bonsai dari Ciayumajakuning, Subang, Purwakarta hingga Karawang.

Dalam pameran dan kontes bonsai tersebut, bonsai milik Ara Azzahra asal Majalengka berhasil menjadi Juara I atau yang terbaik berdasarkan hasil penilaian.

0 Komentar