5 Kucing Besar yang Sudah Punah, Beberapa Diantaranya Punah Karena Perburuan yang Terus Menerus

5 Kucing Besar yang Sudah Punah, Beberapa Diantaranya Punah Karena Perburuan yang Terus Menerus
Harimau jawa merupakan subspesies khas harimau Indonesia yang juga sudah punah. Meskipun harimau ini berukuran lebih besar dibandingkan harimau Bali, namun masih kecil jika dibandingkan dengan subspesies Asian Panthera tigris. Foto : Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

Uni Soviet melarang perburuan harimau Kaspia pada tahun 1947, namun jumlahnya terlalu besar untuk diselamatkan.

Sejak itu, hanya ada dua kejadian pertemuan harimau Kaspia di alam liar, di Karakalpakstan, Ubzekistan, pada tahun 1958 dan 1974, menurut laman Endangered Tigers. Harimau ini resmi dinyatakan punah pada tahun 2003.

  1. Harimau jawa

Kucing besar yang sudah punah yang ke 4 adalah harimau jawa, Harimau jawa merupakan subspesies khas harimau Indonesia yang juga sudah punah. Meskipun harimau ini berukuran lebih besar dibandingkan harimau Bali, namun masih kecil jika dibandingkan dengan subspesies Asian Panthera tigris.

Baca Juga:5 Makanan Khas Azerbaijan yang Rasanya Sangat Enak Sekali!!!6 Makanan Khas Bali yang Menggugah Selera, Ada yang Haram Juga

Jumlah harimau ini lebih banyak dibandingkan harimau sumatera yang dilaporkan memiliki garis-garis panjang dan tipis pada bulunya.

Harimau Jawa, predator dominan di Pulau Jawa, memakan beragam spesies, termasuk reptil, rusa, babi hutan, dan banteng.

Namun demikian, seiring bertambahnya populasi pulau ini, semakin banyak pembatasan yang diberlakukan terhadap kelangsungan hidup pulau ini.

Hutan yang ditebangi oleh manusia membatasi migrasi mereka dan meningkatkan kelangkaan pangan. Selain itu, sebagaimana dicatat oleh Mongabay, adat istiadat rampogan yang umum terjadi di seluruh dunia. Faktor selanjutnya yang menyebabkan jatuhnya populasi harimau jawa adalah pada periode abad ke-17 hingga ke-19.

Rampogan adalah pertarungan antara manusia dan harimau jawa. Kebiasaan ini awalnya mempunyai arti suci, namun akhirnya menjadi hiburan. Harimau Jawa pernah hidup di kebun binatang di Indonesia, berbeda dengan harimau Bali yang tidak pernah dipelihara di penangkaran.

Namun, kebun binatang tersebut ditutup selama Perang Dunia II. Meskipun banyak lokasi di Pulau Jawa, termasuk Ujung Kulon, Leuweung Secang, dan Baluran, yang ditetapkan sebagai zona perlindungan Harimau Jawa, upaya-upaya tersebut gagal mencegah kepunahan spesies tersebut.

Penampakan harimau jawa terakhir yang tercatat terjadi di Gunung Meru Betiri pada tahun 1970an, menurut situs Extinct Animals.

Baca Juga:Cara Membuat Rumah Kucing yang Sederhana Namun Nyaman Bagi Anabul Kita ? Perhatikan 7 Langkah Berikut Ini8 Fakta Menarik Kucing Hitam, Kucing yang Dianggap Pembawa Sial Namun Memiliki Banyak Keunikan

Namun sejak itu, sejumlah inisiatif pencarian gagal memberikan bukti ilmiah tentang keberadaan kucing besar ini.

  1. Harimau bali

Kucing besar yang sudah punah urutan ke 5 adalah harimau bali, Panthera tigris sondaica atau sering disebut harimau Bali, dulunya dianggap sebagai predator puncak di Pulau Dewata.

0 Komentar