Nasi Merah untuk Kolesterol: Apa Saja Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya?

Nasi Merah untuk Kolesterol: Apa Saja Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya?
Nasi Merah untuk Kolesterol. Foto: freepik.com/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Nasi merah adalah salah satu jenis beras yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kolesterol jahat dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti nasi merah.

Berikut Manfaat Nasi Merah untuk Kolesterol:

Manfaat Nasi Merah untuk Kolesterol

Baca Juga:Nasi Merah untuk Anemia: Apa Saja Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya?Nasi Merah untuk Sarapan: Apa Saja Manfaat dan Menu yang Bisa Dicoba?

– Nasi merah mengandung serat yang tinggi, yaitu sekitar 4 gram per 195 gram nasi merah.

Serat dapat membantu mengikat dan mengeluarkan kolesterol dari saluran pencernaan, sehingga mencegah penyerapan kolesterol ke dalam darah.

– Nasi merah juga mengandung asam gamma aminobutyric (GABA), yaitu senyawa yang dapat merangsang produksi insulin berlebih untuk menekan kerja hormone-sensitive lipase (HSL).

HSL adalah enzim yang berperan dalam pemecahan lemak menjadi asam lemak dan kolesterol. Dengan demikian, GABA dapat mengurangi produksi kolesterol dalam tubuh.

– Nasi merah memiliki kulit yang mengandung minyak esensial, yaitu senyawa yang dapat membersihkan plasma dari lipoprotein kilomikron dan very low density lipoprotein (VLDL).

Serta menurunkan produksi trigliserida dan apolipoprotein B dalam hati.

Lipoprotein kilomikron, VLDL, trigliserida, dan apolipoprotein B adalah komponen yang berkontribusi terhadap peningkatan kolesterol jahat.

– Nasi merah juga mengandung antosianin, yaitu pigmen yang memberikan warna merah pada beras.

Baca Juga:Nasi Merah untuk Detoks: Apa Saja Manfaat dan Cara Melakukannya?Nasi Merah untuk Rambut: Apa Saja Manfaat dan Cara Menggunakannya?

Antosianin adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, anti-peradangan yang dapat mengatasi peradangan pembuluh darah, dan anti-aterosklerosis yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Cara Mengonsumsi Nasi Merah untuk Kolesterol

– Untuk mendapatkan manfaat nasi merah untuk kolesterol, sebaiknya konsumsi nasi merah secara rutin sebagai pengganti nasi putih.

Nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari nasi putih, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat meningkatkan kolesterol.

– Pilih nasi merah yang berkualitas, yaitu yang tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, atau perasa buatan.

Cari label organik atau sertifikat halal pada kemasan nasi merah untuk memastikan keamanan produk.

0 Komentar