Berkicau Sangat Merdu, Inilah Keistimewaan Burung Jalak Nias, Serta Makanan nya 

Berkicau Sangat Merdu, Inilah Keistimewaan Burung Jalak Nias, Serta Makanan nya 
Meski mempunyai nama Nias, namun Jalak Nias bukanlah hewan asli Pulau Nias. Seluruh Asia Tenggara, Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Burung Jalak Nias, Meski mempunyai nama Nias, namun Jalak Nias bukanlah hewan asli Pulau Nias. Seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Afrika, dan Amerika sama-sama menjadi rumah bagi spesies burung ini. 

Burung jalak jenis ini menyukai lingkungan di daerah perbukitan di negara ini yang berada pada ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut.

Karena kepopulerannya dengan dua burung yaitu Jalak Suren dan Jalak Kebo, maka Jalak Nias dikenal juga dengan nama Jalak Tengahan. 

Baca Juga:4 Tanaman yang Disukai Ular, Awas Selalu Berhati – Hati 4 Mitos Kucing Hitam dari Berbagai Negara, Namun ada yang Positif 

Meskipun masih kurang umum dibandingkan burung Suren, burung Jalak Nias lebih banyak ditemukan dibandingkan burung Jalak Kebo. 

Acridotheres Tristis, nama ilmiah Jalak Nias, sangat disukai burung kicau. Banyak pemburu yang mengejarnya sebagai hewan peliharaan di rumahnya atau dijadikan sasaran lomba kicau.

Jalak Nias terkenal dengan kemampuannya meniru suara burung lain. Hasilnya, suara senandung yang dihasilkan sangat berbeda-beda; beberapa bahkan meniru ucapan manusia. Hal inilah yang menjadi alasan keunikan ciri-ciri burung ini. 

Lalu apa saja yang dimiliki oleh burung jalak nias dan keistimewaan apa saja yang ada pada burung jenis ini berikut adalah pembahasan nya. 

Ciri fisik dari Burung Jalak Nias 

Keistimewaan burung jalak Nias adalah kemampuannya yang luar biasa dalam meniru berbagai macam suara, termasuk suara manusia. Tidak persis sama, tapi hampir seperti burung beo. Burung Jalak sering diikutsertakan dalam kompetisi, meski kalah dengan burung beo.

Alasan inilah yang menjadi motivasi utama para pemburu jenis Jalak Nias. Pelatihan yang teratur dan intens akan meningkatkan daya ingat burung terhadap variasi suara kicau burung yang lebih beragam.

Jalak Nias memiliki bentuk tubuh yang berbeda antara jantan dan betina, Jalak Nias memiliki bentuk tubuh yang agak lebih besar dibandingkan Jalak Nias. Biasanya berbentuk pipih dan persegi, kepala burung jantan dimahkotai dengan jambul. 

Suara dari Burung Jalak Nias 

Baca Juga:Ingin Berkurban Berikut Adalah Syarat dan Tips Memilih Hewan Kurban Sapi Limosin, Jenis Sapi Tertua di Dunia, yang Memiliki Kualitas Daging yang Sangat Baik 

Karena kecerdasan dan kemampuannya dalam meniru berbagai macam suara, termasuk suara burung lain, hewan, bahkan manusia, Jalak Nias dikategorikan sebagai burung beo. Hal ini pula yang menjadi salah satu motivasi utama perburuan Jalak Nias.

0 Komentar