Jangan Panik Rambut Menipis dan Rontok? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Jangan Panik Rambut Menipis dan Rontok? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya!
Cara mengatasi rambut rontok. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Masalah rambut rontok sering kali dialami oleh banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Mulai dari kondisi rambut rontok ringan hingga kerontokan yang parah, kondisi ini bisa sangat mengganggu.

Jika kerontokan rambut terjadi secara berlebihan, rambut bisa terlihat lebih tipis dan bahkan memicu kebotakan.

Baca Juga:Bukan Hanya Shampo, 5 Tips Ampuh Mengurangi Rambut Rontok yang Perlu Kamu Coba!Tren Sustainable Fashion! Pilihan Fashion Ramah Lingkungan yang Diminati Gen Z

Tentunya, hal ini akan mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab kerontokan rambut serta cara tepat untuk menanganinya.

Penyebab Rambut Rontok

1. Kekurangan Nutrisi

Salah satu penyebab utama rambut rontok adalah kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Nutrisi seperti vitamin D, zat besi, dan zinc sangat berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

Vitamin D, misalnya, berfungsi merangsang pertumbuhan folikel rambut. Jika tubuh kekurangan vitamin D, risiko mengalami alopecia atau kebotakan akan meningkat.

Selain itu, zat besi sangat penting dalam mengangkut oksigen ke folikel rambut. Tanpa asupan zat besi yang cukup, pertumbuhan rambut dapat terganggu.

Zinc juga diperlukan untuk menjaga fungsi kelenjar minyak di kulit kepala, yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Kekurangan ketiga nutrisi ini bisa menyebabkan rambut rontok dan kesehatan kulit kepala terganggu.

2. Stres

Stres, terutama stres psikososial, juga menjadi faktor yang sering memicu kerontokan rambut. Tekanan dari lingkungan pekerjaan, masalah pribadi, atau situasi lainnya dapat meningkatkan risiko kerontokan rambut.

Stres berkepanjangan dapat memicu berbagai jenis kerontokan rambut seperti Alopecia Areata, Telogen Effluvium, dan Trikotilomania. Jenis-jenis kerontokan ini dapat menyebabkan rambut rontok secara mendadak atau bahkan kebotakan.

3. Perubahan Hormon

Baca Juga:Netflix Romcom Terbaru Nobody Wants This yang Segarkan dengan Kisah Cinta Lintas Agama, Ternyata Kisah Nyata!Perbedaan Bukan Halangan! Nobody Wants This Tawarkan Romcom Segar di Netflix Tahun 2024

Perubahan hormon juga sering menjadi penyebab kerontokan rambut. Hormon DHT (dihidrotestosteron) yang ada di kelenjar folikel rambut bisa memicu kerontokan ketika terjadi perubahan metabolisme androgen.

Kondisi ini umum terjadi pada usia dewasa, serta pada wanita selama masa kehamilan, setelah melahirkan, atau saat menopause.

Pada masa-masa tersebut, hormon progesteron dan estrogen mengalami perubahan yang dapat memicu rambut memasuki fase telogen, yaitu fase di mana rambut mulai rontok.

Cara Mengurangi Kerontokan Rambut

Jika kamu mengalami kerontokan rambut yang berlebihan, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Komentar