Bisa Berenang berkilo – kilo meter , 5 Fakta Menarik Penyu Laut, Reptil Laut yang Terancam Punah 

Bisa Berenang berkilo – kilo meter , 5 Fakta Menarik Penyu Laut, Reptil Laut yang Terancam Punah 
Penyu Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta menarik penyu laut, Kecuali wilayah kutub, setiap lautan di dunia adalah rumah bagi sejenis reptil yang dikenal sebagai penyu. Enam dari tujuh spesies penyu yang diketahui keberadaannya tergolong rentan.

Alasan utama di balik penurunan populasi penyu adalah terjeratnya jaring ikan, degradasi habitat, perburuan liar, polusi laut, dan perubahan iklim.

Juga Karena Perburuan oleh manusia yang mengincar daging dan tempurungnya yang dijadikan sebagai hiasan rumah yang membuat keberadaanya sangat terancam bahkan ada yang sudah punah disuatu lautan.

Baca Juga:Sangat Eksotis Sekali, 5 Hewan Endemik yang Berasal dari Madagaskar, yang Sangat Unik dan Langka Mengejutkan, 5 Hewan Yang Tahan Terhadap Kanker, Ada Rahasia Yang Unik Dibaliknya Serta Jadi Bahan Penelitian 

Penyu juga mempunyai fakta menarik yang perlu kita ketahui lalu fakta menarik apa saja itu berikut ini adalah : 5 Fakta menarik penyu laut.

1. Ukuran penyu bergantung pada spesies dan umur

Fakta menarik penyu laut yang pertama yaitu ukuran penyu bergantung pada spesies dan umur, Saat mereka menghirup oksigen, penyu memiliki paru-paru.

Meskipun mereka harus muncul ke permukaan untuk menghirup oksigen, mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah air.

Setiap jenis penyu mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Meskipun penyu belimbing dapat memiliki berat lebih dari 100 kg, penyu Kemp’s Ridley hanya dapat memiliki berat 35–45 kg. Umur penyu berkisar antara 70 hingga 80 tahun.

2. Perenang handal dan mampu berenang berkilo – kilo meter

Fakta menarik penyu laut yang ke 2 adalah perenang handal, Sirip penyu dibuat untuk berenang, bukan berjalan, oleh karena itu mereka bergerak perlahan di pantai.

Mereka bisa berenang dalam jarak yang sangat jauh dan merupakan perenang yang hebat, Jarak Indonesia ke Oregon, AS, adalah 19,00 km, yang merupakan jarak berenang maksimal yang dapat ditempuh penyu belimbing.

Meski tidak memiliki gigi, penyu telah memodifikasi mulutnya agar sesuai dengan berbagai jenis makanan yang mereka konsumsi.

Baca Juga:Bagi Kamu Pecinta Makanan Pedas Cobalah, 5 Makanan Terpedas di Dunia yang Membuat Kamu KepedasanKamu Bosan Dengan Makanan Jepang yang Itu Itu Saja Cobalah, Makanan ekstrem jepang yang Bisa Kamu Coba

Jika penyu lainnya memakan kepiting, udang, ubur-ubur, dan teripang, penyu hijau merupakan vegetarian yang hanya memakan rumput laut.

Karena plastik yang mengapung di air menyerupai ubur-ubur, penyu akan berusaha memakannya. Hal ini bisa berakibat fatal bagi penyu.

3. Telah hidup di bumi selama jutaan tahun

0 Komentar