Ingin Otak Tetap Sehat di Usia Lanjut? Ini Rekomendasi Makanan untuk Mencegah Demensia

Ingin Otak Tetap Sehat di Usia Lanjut? Ini Rekomendasi Makanan untuk Mencegah Demensia
Menjaga kesehatan otak. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Seiring bertambahnya usia, kinerja otak bisa mengalami penurunan. Kondisi seperti demensia dan Alzheimer adalah contoh dari penurunan daya pikir yang cukup signifikan.

Namun, ada kabar baik, demensia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan otak.

Menurut sebuah artikel di Healthline, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pola makan yang sehat dapat memperlambat proses penuaan otak.

Baca Juga:Ingin Otak Tetap Sehat? Hindari Konsumsi Berlebihan Makanan Ini!Jangan Anggap Remeh! 6 Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Pikun di Usia Tua

Para ahli telah menciptakan diet MIND (Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay), yang menggabungkan elemen-elemen dari diet Mediterania dan diet DASH untuk mencegah penurunan fungsi otak.

Diet MIND bertujuan untuk mendukung kesehatan otak dengan mengurangi peradangan, mencegah kerusakan sel, serta memperlambat proses penuaan otak.

Diet ini mencakup makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan, unggas, telur, biji-bijian, dan lemak sehat seperti minyak zaitun. Berikut ini adalah beberapa makanan yang diyakini dapat memperlambat penurunan fungsi otak.

1. Buah dan Sayuran Berwarna-warni

Buah dan sayuran dengan warna mencolok seperti oranye, merah, dan hijau tua, mengandung karotenoid, pigmen yang melindungi otak.

Contoh makanan yang kaya karotenoid meliputi wortel, labu, paprika merah, tomat, serta sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

2. Buah Beri

Buah-buahan seperti blueberry, blackberry, dan raspberry kaya akan antioksidan, terutama flavonoid, yang membantu melawan peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Flavonoid juga membantu meningkatkan komunikasi antar sel otak, yang sangat penting untuk menjaga memori dan fungsi kognitif.

3. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3, terutama docosahexaenoic acid (DHA), yang penting untuk fungsi kognitif seperti memori dan pembelajaran.

Baca Juga:Serai Bukan Sekadar Minuman! Ini Waktu Terbaik Menikmati Air Rebusan Serai untuk Kesehatan OptimalRutin Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari? Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Akan Kamu Rasakan

Omega-3 juga mampu mengurangi peradangan di otak yang terkait dengan penyakit seperti Alzheimer dan demensia. Disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak dua hingga tiga kali seminggu.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan kacang tanah, serta biji-bijian seperti biji labu, merupakan sumber omega-3, vitamin E, dan antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan serta membantu mencegah penurunan kognitif.

5. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, quinoa, beras merah, dan oat, kaya akan serat dan vitamin B yang membantu meningkatkan daya ingat.

0 Komentar