4 Fakta Tentang Bulus, Kura – Kura Bercangkang Lunak yang Hidup di Sungai dan Danau 

4 Fakta Tentang Bulus, Kura – Kura Bercangkang Lunak yang Hidup di Sungai dan Danau 
Bulus Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Biasanya kura-kura punya cangkang yang menonjol dan juga keras, cangkang ini berfungsi sebagai perisai yang melindungi bagian organ dalam kura-kura dari predator.

Namun ternyata ada beberapa spesies kura-kura yang cangkangnya lunak, salah satunya adalah Amyda cartilaginea.

Kura-kura ini juga sering disebut bulus dan dengan mudah dapat ditemukan di sungai, danau, rawa, waduk, atau hutan di Pulau Jawa.

Baca Juga:4 Tips Membuat Laksa Pasta Super Lezat, Bikin Ketagihan Bisa Kamu Coba di Rumah Sangat Mirip Sekali, 4 Unggas yang Sangat Mirip Dengan Bebek, Bahkan Penampilan nya Sangat Mirip 

Tak cuma cangkangnya yang lunak, bulus juga punya beberapa fakta unik dan menarik yang membedakannya dari kura-kura lain.

Karenanya mari kita bahas beberapa fakta mengenai bulus yang pasti belum kamu ketahi.

1. Lehernya bulus bisa memanjang

Selain cangkangnya yang lunak, bulus juga memiliki leher yang panjang, tebal, dan sangat fleksibel.

Bahkan lehernya tersebut bisa memanjang, Dengan kemampuannya tersebut bulusini dengan mudah dapat menjangkau makanan yang jaraknya jauh atau mangsa yang bergerak dengan cepat.

Tak cuma itu, dengan bantuan leher dan hidungnya yang panjang bulus juga mampu mengintip ke permukaan air atau bernafas ke permukaan tanpa harus keluar dari air.

Bentuk leher tersebut merupakan adaptasi supaya bulus bisa hidup dengan nyaman di perairan.

2. Tidak Seperti Kura Kura Biasa Cangkang Bulus ini Lunak dan melebar

Baca Juga:Kamu Tidak Pede Dengan Penampilan Karena Banyak Bekas Jerawat, 5 Cara Menghilangkan Bekas jerawat5 Fakta Menarik Buaya Senyulon, Buaya Pemakan Ikan

Tidak seperti spesies kura-kura lain yang memiliki cangkang keras serta menonjol, cangkang yang dimiliki bulus justru lunak dan melebar.

menurut laman IUCN SSC menerangkan kalau panjang cangkangnya ini bisa mencapai 85 cm ukuran tersebut cukup besar jika dibandingkan kura-kura yang sejenis.

Cangkang bulus ini juga cenderung punya warna yang gelap seperti abu-abu dan kehitaman. Terkadang juga terlihat bintik-bintik putih di atas cangkang dan sekitar kepala dan lehernya.

Selain memiliki cangkang yang lunak dan melebar, bagian tubuh bulus yang lain juga cukup berbeda dari kebanyakan kura-kura.

Tubuhnya cenderung lebar dan pipih, kakinya juga tergolong pendek dan ia punya hidung yang panjang.

Namun walau kakinya terbilang kecil bulus punya cakar yang cukup panjang dan kuat. Cakar ini sangat berguna untuk berenang atau memanjat tanah dan kayu.

0 Komentar