Fakta Menarik Tentang Biawak Jenis Reptil yang Sangat Besar

Fakta Menarik Tentang Biawak Jenis Reptil yang Sangat Besar
Biawak komodo Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta Menarik Tentang Biawak, Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang reptil yang disebut biawak.

Pasalnya, biawak kerap menempati banyak kawasan di dekat pemukiman warga dan sesekali masuk ke rumah warga.

Biawak merupakan bagian dari kelompok kadal besar. Penampilan mereka mungkin mengingatkan Anda pada komodo.

Baca Juga:Memilik Penampilan Mencolok, 5 Fakta Menarik Mengenai Burung Kakak Tua Jambul Kuning5 Rekomendasi Jajanan yang ada di Bangkok, Wajib Kamu Coba Bila Berkunjung ke Bangkok

Fakta menarik apa saja yang dimliki oleh biawak ini berikut adalah pembahasan nya.

Beberapa spesies biawak biasa dijadikan peliharaan manusia

Para pecinta reptil seringkali memelihara berbagai jenis biawak sebagai hewan peliharaan karena penampilannya yang mencolok dan khas.

Kecuali komodo, yang mungkin memangsa manusia, artikel Hewan menegaskan bahwa sebagian besar spesies biawak tidak menimbulkan ancaman besar bagi manusia.

Biawak hijau (Varanus prasinus), biawak buaya (Varanus salvadorii), biawak sabana (Varanus exanthematicus), dan biawak sungai Nil (Varanus niloticus) adalah beberapa spesies yang sering dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Namun tentunya merawat cicak memerlukan keahlian yang tinggi karena kebutuhannya yang khusus.

Hewan yang pintar

Tahukah Anda, siapa sangka kalau kadal sebenarnya adalah makhluk cerdas? Beberapa buktinya dapat dilihat di situs Hideaways Africa.

Misalnya saja mereka bisa mencari secara berkelompok untuk mencari telur buaya.

Baca Juga:Kamu Ingin Berkunjung Ke Taiwan, 5 Rekomendasi Makanan Khas Taiwan,Masih Bingung Mencari Tempat Wisata di Surabaya ? , 5 Rekomendasi Wisata yang ada di Surabaya 

Strateginya adalah seekor biawak mengalihkan perhatian induk buaya, sedangkan biawak lainnya diam-diam mendekat untuk mengambil telurnya.

Selain itu, mereka memiliki daya ingat yang baik untuk tempat persembunyian mereka, termasuk banyak jalur ke sana.

Terdiri dari banyak spesies, salah satunya Komodo

Istilah umum untuk keluarga kadal dalam genus Varanus adalah kadal. Ada Komodo yang juga dikenal dengan nama Varanus komodoensis. Jadi, secara teknis, komodo termasuk dalam spesies biawak.

Jelas sekali, dengan panjang tiga meter dan berat lebih dari 130 kilogram, mereka adalah spesies terbesar.

Ada lebih dari lima puluh spesies dalam genus Varanus, menurut Britannica. Selain komodo, ada beberapa spesies besar lainnya yang dapat ditemukan di alam liar.

Diantaranya adalah biawak air (Varanus salvator) sepanjang 2,7 meter, perentie (Varanus giganteus) sepanjang 2,4 meter, dan Varanus bitatawa sepanjang 2 meter. Sebaliknya, Varanus sparnus, spesies biawak terkecil, seperti dijelaskan di laman Australian Geographic, hanya berukuran 23 sentimeter dan berat 16 gram.

0 Komentar