Tips Membuat CV yang Menarik dan Efektif untuk Lamaran Kerja

Tips Membuat CV yang Menarik dan Efektif untuk Lamaran Kerja
Cara membuat CV menarik untuk melamar kerja. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – CV atau curriculum vitae adalah salah satu berkas penting yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan lamaran ke sebuah perusahaan.

CV adalah dokumen berisi pendidikan dan pengalaman profesional yang telah dijalani pelamar, serta informasi penting lainnya seperti nama lengkap, tempat tinggal, dan domisili pelamar.

Menurut Career Inspiration, pelamar perlu menyusun CV secara matang agar memunculkan kesan yang baik di bursa tenaga kerja.

Baca Juga:Akhir Tahun Waktu Terbaik untuk Melamar Pekerjaan? Begini Penjelasannya!Perencanaan Liburan Akhir Tahun, Libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025

Berikut adalah beberapa cara membuat CV yang baik untuk pelamar profesional dan fresh graduate.

Cara Membuat CV yang Baik untuk Pelamar Kerja

1. CV untuk Profesional Tingkat Menengah

Profesional tingkat menengah biasanya memiliki pengalaman kerja selama 7-15 tahun dan memiliki latar belakang yang kuat dalam mengelola tim atau memimpin departemen. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat CV:

Buat Ringkasan Pelamar yang sudah berpengalaman bisa menambahkan ringkasan di bagian paling atas CV. Bagian ini merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan kompetensi inti secara ringkas.

Cari Keahlian yang Relevan Sebelum membuat CV, perhatikan deskripsi pada lowongan pekerjaan agar pelamar mengetahui kompetensi apa saja yang dibutuhkan perusahaan. Tambahkan kata-kata seperti “strategic planning,” “cost management,” dan “financial planning and analysis” bila relevan.

Cantumkan Posisi Terakhir Pengalaman kerja adalah bagian utama dari setiap CV. Detail dari posisi terakhir atau saat ini harus mencakup sekitar 75 persen dalam lamaran. Tidak perlu menyertakan riwayat pekerjaan pertama.

Cantumkan Deskripsi Pekerjaan Jika pelamar pernah bekerja di perusahaan yang tidak terkenal, tambahkan deskripsi tentang tempat kerja tersebut, seperti jumlah karyawan atau pendapatan tahunan, untuk membantu recruiter mencari informasi.

Baca Juga:5 Rekomendasi Film Korea Bertema Natal Menikmati Keceriaan Natal di RumahTidak Asing dengan Sinterklas? Sosok Magis yang Membawa Keceriaan Natal

Berikan Informasi yang Jelas Cantumkan hasil pekerjaan dalam bentuk angka, misalnya peningkatan penjualan perusahaan sebesar 35 persen, namun tidak perlu menjelaskan bagaimana hasil tersebut dicapai. Recruiter bisa memperjelas informasi ini saat interview.

Cantumkan Pencapaian Buatlah deskripsi soal tanggung jawab pekerjaan secara singkat, paling tidak 2-4 poin. Ini memberikan ruang lebih banyak untuk mencantumkan pencapaian paling membanggakan dan relevan.

2. CV untuk Profesional Tingkat Junior

0 Komentar