Pedasnya Mantul dan Bikin Nagih, 4 Rujak Khas Cirebon yang Bikin Lidah Bergoyang

waktu baca 4 menit
Rujak tumbuk atau bebeg adalah rujak buah yang ditumbuk sampai halus dan rasanya sangat segar Foto : Pinterest Rakcer. ID

CIREBON, RAKCER. ID – Rujak Khas Cirebon yang Bikin Lidah Bergoyang, Rujak adalah makanan yang terbuat dari berbagai macam sayuran dan buah – buahan yang kemudian disiram dengan sambal.

Rujak masing – masing daerah memiliki rujaknya khasnya seperti contohnya Rujak cingur dari Surabaya dan rujak Aceh serta masih banyak lagi rujak yang ada di seluruh Indonesia.

Yang akan dibahas kali ini yaitu rujak khas Cirebon,Selain empal gentong, Nasi jamblang Cirebon juga memiliki makanan lain yaitu rujak.

Baca Juga:
Bisa membunuh mangsanya, 5 Ular terbesar di dunia
 Hebat Terbang Bermil – Mil Jauhnya, 5 Jenis Angsa Yang Ada Di Dunia

Rujak khas Cirebon ini memiliki ciri khas yang belum tentu bisa ditemui pada rujak lain didaerah lain baik campuran, bahan, dan sambal dari rujak itu yang membedakan rujak khas Cirebon dari rujak lain.

Lalu rujak apa sajakah itu berikut ini adalah : 5 rujak khas Cirebon yang bikin lidah bergoyang.

  1. Rujak kangkung dadakan

Rujak khas Cirebon yang bikin lidah bergoyang yang pertama ada rujak kangkung, rujak ini berbeda dari rujak biasa yaitu berbahan dasar kangkung yang disiram dengan sambal yang sangat pedas bercampur asam.

Rujak ini banyak sekali ditemui di Cirebon, Kuningan dan sekitarnya banyak sekali yang menjual rujak kangkung dadakan ini seperti rujak kangkung yang terkenal yaitu Rujak dadakan Ibu mega yang berada di jl rajawali, kesambi, kota Cirebon.

Di rujak kangkung dadakan ibu mega ini kamu bisa memesan rujak kangkung yang sangat pedas dan asam plus gorengan dan es untuk menetralisir rasa pedas yang dihasilkan dari memakan rujak kangkung ini.

Membuat rujak ini sangatlah mudah dan bisa dipraktekan dirumah yaitu 1 ikat kangkung segar, mentimun, 10 cabai rawit hijau seuai selera, terasi secukupnya, 3 siung bawang putih, 7 asam jawa, gula merah, garam.

Cara membuatnya yaitu rebus kangkung sampai layu lalu buatlah sambalnya masukan garam, cabai rawit, asam, bawang putih, terasi, gula merah, asam jawa lalu ulek sampai halus lalu tambahkan air secukupnya dan jadilah sambal kangkung ini.

2. Rujak gamel

Rujak khas Cirebon yang bikin lidah bergoyang ke 2 ada rujak gamel, rujak yang satu ini mungkin masih asing ditelinga sebagian orang.

Tinggalkan Balasan