4 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Mengantuk Dalam Berkendara

4 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Mengantuk Dalam Berkendara
mobil yang berhenti pada saat kerta api sedang lewat. Ilustrasi : Pixabay

RACKER.ID – Mengantuk dalam berkendara, kerap kali menghampiri saat mengemudi di jalan raya. Terutama saat melakukan perjalanan jauh dan pada saat malam hari. Untuk itu, setiap orang khususnya pengemudi harusnya tau bagaimana cara mengatasi rasa kantuk tersebut.

Terkadang dalam berkendara di jalan raya ataupun ruas tol, orang-orang terlalu memaksakan diri untuk tetap berkendara. Baik itu motor ataupun mobil, mengantuk dalam berkendara dapat membuat kita hilang konsentrasi dan merasa lebih lemas dari biasanya.

Pada saat di di jalan raya tidak hanya kita yang menggunakan jalan tersebut, masih banyak masyararat lain juga yang ikut berkendara di sekitar kita.

Baca JugaBatur Mba Wulan Inisiasi Gerakan Urban Farming di Kota Cirebon, Seperti Apa Programnya?Pemilu 2024 Tetap Bisa Digelar, Waswin: KPU Masih Bisa Banding

Disamping itu, angka kecelakaan akibat supir yang mengantuk dalam berkendara setiap minggunya ada saja, pemberitaan tersebut sering sekali kita dengar di media televisi, radio ataupun koran. Karena hal ini penting bagi kita untuk mengetahui beberapa cara agar tidak mengantuk dalam berkendara.

Berikut Ini Beberapa Cara Agar Mengurai Mengantuk Dalam Berkendara :

  1. Pergi ke rest area terdekat

Jika posisinya kita sedang berkendara di ruas toll, maka sebaiknya berhenti jika kita bertemu rest area. Berhenti sejenak sekedar istirahat, karena mata kita terlalu lelah karena terlalu fokus pada aspal.

Baca JugaUji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg DPR RI, PKB Panggung Kaum Muda Berbakti dan BerkaryaMenakjubkan! Ini 5 Nama Surga Menurut Islam yang Jarang Diketahui

  1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet di laporkan dapat menurunkan kadar hormon stress yang akan membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Selain itu, mengunyah permen karet juga berguna untuk merangsang pergerakan otot-otot di wajah yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Hal ini juga diyakini bisa membuat para pengemudi akan menjadi lebih berkonsentrasi dan lebih fokus lagi saat mereka berkendara.

Baca JugaManchester United Sukses Menang Lawan 9 Pemain FulhamDatangi Terminal Harjamukti, UGJ Cirebon Perluas Jejaring Kerja Sama

  1. Membuka sedikit kaca jendela

Dan untuk cara yang ketiga ini berfaktor pada AC mobil. Karena AC mobil menjadi pemicu supir atau pengendara mobil merasa kantuk. Supaya udara di dalam mobil menjadi lebih dingin ac dinyalakan untuk bisa menyejukan udara.

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata

Penyebab kantukĀ  lain akibat mata yang terasa kering dan juga lelah. Cara yang terakhir untuk menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara, bisa mencoba menggunakan obat tetes mata secukupnya.

Kirim Komentar