5 Fakta Menarik Buaya Gharial, Jenis Buaya Bermoncong Pipih yang Terancam Punah 

5 Fakta Menarik Buaya Gharial, Jenis Buaya Bermoncong Pipih yang Terancam Punah 
Gharial Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta menarik buaya gharial, Gharial adalah spesies buaya langka yang hanya ditemukan di Asia Selatan, dibedakan dari moncongnya yang datar.

Moncong yang besar dan kuat biasanya terlihat pada buaya, memungkinkan mereka melompat ke mangsanya.

Buaya yang juga dikenal dengan nama latin Gavialis gangeticus ini merupakan salah satu spesies unik di dunia, namun belum banyak orang yang mengenalnya.

Baca Juga:Wajib Kamu Coba Ketika Berwisata, 5 Makanan Khas Semarang yang Enak Banget dan Lezat Untuk di Coba 5 Fakta Menarik Keledai Kiang, Jenis Keledai Liar yang Sangat Anggun

Lalu fakta menarik apa saja yang dimiliki oleh buaya gharial berikut ini adalah pembahasan tentang : 5 Fakta menarik buaya gharial.

1. Bermoncong Pipih

Fakta menarik buaya gharial yang pertama yaitu bermoncong pipih, Gharial berbeda dari kebanyakan buaya lainnya karena ia memiliki paruh yang rata dan gigi yang tampak lebih tajam pada moncongnya.

Buaya ini tidak beracun dan ahli berburu berbagai jenis ikan air tawar karena hidungnya yang pesek.

Gharial memiliki sensor di moncongnya yang memungkinkan mereka merasakan pergerakan di dalam air, dan mereka juga sering berburu di dalam air.

2. Buaya yang cukup besar

Fakta menarik buaya gharial yang ke 2 adalah buaya yang cukup besar, Reptil ini dapat tumbuh hingga panjang 6 meter dan berat hingga 1 ton, menjadikannya hewan yang secara keseluruhan cukup besar. Jantan jauh lebih besar daripada perempuan.

Buaya ini tidak dapat bergerak cepat di darat karena beratnya, namun di dalam air, ia mungkin cukup bermusuhan.

Gharial hanya mendarat di cuaca yang sangat dingin, saat mereka berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan suhu tubuh mereka. Sementara itu, reptil ini jarang mendarat di cuaca panas.

3. Memiliki telur terbesar

Baca Juga:5 Fakta Menarik Kumbang Badak, Kumbang yang Memiliki Tanduk5 Fakta Tentang Bison, Hewan Terbesar yang Berasal dari Amerika Utara

Fakta menarik buaya gharial ke 3 adalah memiliki telur terbesar, Dari segi ukuran telur, gharial merupakan reptil dengan ukuran telur paling besar jika dibandingkan dengan spesies buaya lainnya.

Dalam sekali kawin, berat telurnya bisa melebihi 0,5 kg, dan bisa menghasilkan 30–50 butir telur.

Selain itu, berbeda dengan kebanyakan buaya di darat, buaya ini membangun sarangnya tepat di tepi sungai.

Selain itu, dengan umur 40–60 tahun, gharial merupakan salah satu reptilia yang hidup paling lama di dunia.

0 Komentar