Profil Adi Satya Mahendra Pembalap Muda Berbakat Asal Indonesia yang Menjuarai Dunia di WorldSSP300 2024

Profil Adi Satya Mahendra Pembalap Muda Berbakat Asal Indonesia yang Menjuarai Dunia di WorldSSP300 2024
Adi Satya Mahendra. Foto: ISTIMEWA/ Rakcer.id
0 Komentar

RAKCER.ID – Aldi Satya Mahendra, pembalap Tim BrCorse Yamaha, sukses merebut gelar dunia WorldSSP300 2024 setelah finis keenam dalam Race 2 Seri Spanyol di Jerez pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Ini merupakan gelar dunia pertama Indonesia dalam balap motor solo. Aldi lahir di Bantul, Yogyakarta, pada 27 Juni 2006. Dia adalah putra kedua dari pembalap motor Dicky Hestu dan Desy Prasanti.

Galang Hendra Pratama, kakak laki-laki Aldi, adalah pembalap motor yang saat ini berlaga di WorldSSP300. Aldi mulai berpartisipasi dalam balap motor sejak kecil, bahkan mulai berkompetisi pada usia 8 tahun.

Baca Juga:Juventus Dipastikan Akan Berpisah Dengan Gelandang Mereka Paul PogbaLazio Dirugikan Oleh VAR saat Kalah Dari Juventus 

Saat dewasa, mereka berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan, seperti Motoprix, Yamaha Cup Race, dan Yamaha Sunday Race, yang merupakan ajang balap motor tingkat nasional.

Aldi mulai berkompetisi di ajang internasional Asia Road Racing Championship (ARRC) pada tahun 2019 dan mengakhiri musim di peringkat 6.

ARRC dihentikan pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19, namun pada tahun 2022, Aldi naik ke kelas AP250 dan mengakhiri musim di peringkat 5.

Pada tahun 2022, Aldi yang dibangun oleh Yamaha Racing Indonesia diundang ke Yamaha VR46 Master Camp di Tavullia, Italia, untuk mengikuti kamp pelatihan dengan VR46 Riders Academy, akademi balap yang didirikan oleh Valentino Rossi.

Aldi mendapat peringkat terbaik dari lima pembalap yang diundang. Aldi juga mulai terlibat dalam kompetisi tingkat dunia pada tahun yang sama dengan mendapatkan wildcard WorldSSP300 Catalunya 2022 bersama Tim BrCorse Yamaha.

Tampilannya juga cukup kompetitif. Ia finis di posisi 7 pada Race 1, dan di posisi 8 pada Race 2.

Hasil wildcard membantu Aldi berlaga di kejuaraan R3 bLU cRU 2023. Mereka mencapai 7 podium, termasuk 5 kemenangan, dan secara luar biasa mengakhiri musim sebagai runner-up di belakang Emiliano Ercolani.

Baca Juga:Meski Kalah Dari Bournemouth Kata Arteta Arsenal Bermain BagusLionel Messi Mencetak Hattrick, Inter Miami Sikat Habis New England Revolutions

Juga pada tahun 2023, Aldi mendapatkan wildcard dari Team BrCorse Yamaha untuk berlaga di WorldSSP300 Ceko.

Setelah hanya finis ke-16 di Race 1, ia menggebrak dengan menang di Race 2, mengikuti jejak sang kakak, yang juga pernah memenangi balapan WorldSSP300. Dengan prestasi ini, Tim BrCorse Yamaha memutuskan untuk mengambil alih Aldi secara keseluruhan pada 2024.

0 Komentar